Kraken Gugat Balik SEC, Sebut Tindakan SEC Sebagai Preseden Berbahaya

Kraken Gugat Balik SEC, Sebut Tindakan SEC Sebagai Preseden Berbahaya

Bursa kripto Kraken telah mengajukan gugatan untuk membatalkan gugatan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) yang diajukan pada bulan November. Kraken berpendapat bahwa gugatan SEC tersebut tidak memiliki dasar hukum yang kuat dan dapat menciptakan preseden yang berbahaya bagi industri kripto. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Gugatan SEC Terhadap Kraken

gugatan sec terhadap kraken
Sumber: Dave Ripley

Dalam gugatannya, SEC menuduh Kraken telah melakukan pelanggaran hukum dengan menawarkan perdagangan aset kripto yang dianggap sebagai sekuritas tanpa terlebih dahulu mendaftar ke SEC. SEC juga menuduh Kraken telah beroperasi sebagai bursa efek, broker, dealer, dan lembaga kliring tanpa izin.

Kraken membantah semua tuduhan SEC tersebut. Kraken berpendapat bahwa aset kripto yang diperdagangkan di platformnya tidak memenuhi definisi sekuritas menurut undang-undang sekuritas Amerika Serikat. Kraken juga berpendapat bahwa pihaknya tidak beroperasi sebagai bursa efek, broker, dealer, atau lembaga kliring.

Baca Jgua: Kraken Mengguncang Pasar Eropa: Lisensi Baru di Belanda Buka Peluang Emas!

Kraken Sebut Gugatan SEC Bermotif Politik

kraken sec
Kutipan yang disorot dari argumen Kraken yang mengklaim bahwa SEC sedang mencoba untuk memperluas otoritasnya atas kripto. Sumber: CourtListener

Kraken juga menuduh bahwa gugatan SEC tersebut bermotif politik. Kraken mengklaim bahwa SEC mengajukan gugatan tersebut sebagai bentuk pembalasan karena Kraken telah memberikan kesaksian di hadapan Kongres Amerika Serikat tentang perluasan kewenangan SEC terhadap industri kripto.

Kraken berpendapat bahwa tindakan SEC tersebut merupakan bentuk pelecehan terhadap perusahaan kripto dan dapat menghambat pertumbuhan industri kripto di Amerika Serikat. Kraken menyerukan agar SEC mencabut gugatannya dan membiarkan industri kripto berkembang tanpa hambatan.

Baca Juga: Kontroversi Besar! Kraken, Bursa Crypto Besar, Dituntut oleh SEC AS!

Dukungan dari Komunitas Kripto

Gugatan Kraken terhadap SEC mendapat dukungan dari komunitas kripto. Banyak tokoh dan perusahaan kripto yang menyuarakan dukungan mereka terhadap Kraken dan mengecam tindakan SEC.

Komunitas kripto menilai bahwa gugatan SEC terhadap Kraken merupakan bentuk overreach atau perluasan kewenangan yang tidak sah. Komunitas kripto khawatir bahwa tindakan SEC tersebut dapat menghambat inovasi dan pertumbuhan industri kripto.

Kesimpulan

Gugatan Kraken terhadap SEC merupakan babak baru dalam pertikaian antara regulator dan industri kripto. Hasil dari gugatan ini akan memiliki implikasi yang signifikan terhadap masa depan industri kripto di Amerika Serikat.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi