Jor-joran! Kota di China Ini Meluncurkan Platform Metaverse yang Didukung Pemerintah

author:

Jor-joran! Kota di China Ini Meluncurkan Platform Metaverse yang Didukung Pemerintah

Sebuah kota di China kini melangkah maju menuju masa depan digital dengan meluncurkan platform Metaverse yang didukung oleh pemerintah.

Langkah ini menunjukkan bahwa China berusaha untuk memimpin dalam adopsi dan pengembangan teknologi Metaverse yang inovatif dan merubah wajah dunia digital.

Peluncuran Platform Metaverse yang Didukung Pemerintah

pusat blockchain nasional china
NewsBTC

Dilansir dari Cointelegraph (24/5/23), pada 22 Mei 2023, Nanjing, ibu kota provinsi Jiangsu di bagian timur China, meresmikan Platform Inovasi Teknologi dan Aplikasi Metaverse China untuk mendorong dan memajukan penelitian dan pengembangan Metaverse di seluruh negeri.

Entitas yang baru didirikan dan didukung oleh negara ini dipimpin oleh Nanjing University of Information Science and Technology (NUIST). Sesuai dengan pengumuman di akun media sosial resmi NUIST, platform ini terdiri dari anggota pendiri yang mewakili berbagai institusi akademik dan perusahaan terkait Metaverse di seluruh daratan China.

Baca juga: Buat Gebrakan Baru, Paris Hilton Luncurkan Avatar Ikoniknya di The Sandbox

Lebih lanjut, platform Metaverse ini diharapkan akan mendorong inovasi dan perkembangan lebih lanjut dalam teknologi Metaverse. Dengan dukungan pemerintah, platform ini memiliki potensi untuk menjadi pemimpin di sektor terkait dan membantu memposisikan China sebagai pemain utama dalam ekosistem Metaverse global.

Potensi Platform Metaverse untuk China

Pembangunan platform Metaverse ini memiliki manfaat jangka panjang bagi China. Melalui peluncuran platform Metaverse, China memiliki peluang untuk membangun ekosistem Metaverse sendiri yang kuat dan berkelanjutan, memfasilitasi inovasi digital dan menjaga keberlanjutan pertumbuhan ekonomi digital negara tersebut.

Platform ini juga memberikan kesempatan bagi perusahaan dan individu di China untuk berpartisipasi dalam ekosistem Metaverse yang sedang berkembang. Dengan dukungan dari pemerintah, perusahaan dan individu ini akan memiliki akses ke sumber daya dan dukungan yang mereka butuhkan untuk berhasil di dalam Metaverse.

Mengutip laporan Cointelegraoh, Nanjing dan kota-kota lain di China telah berlomba-lomba untuk mengambil posisi penting dalam pengembangan Metaverse di negara ini. Pada bulan Februari 2023 lalu, kota ini mengungkapkan strategi Metaverse-nya, yang bertujuan untuk menciptakan industri yang berkembang dengan pendapatan tahunan yang melampaui 135 miliar yuan ($19,13 miliar) atau setara dengan Rp285 triliun pada penutupan tahun 2025.

Tantangan dan Peluang Menghadapi Platform Metaverse

Meskipun ada banyak peluang yang dihadirkan oleh platform Metaverse, ada juga tantangan yang perlu diatasi. Salah satu tantangan terbesar adalah memastikan bahwa platform ini aman, dapat diakses, dan dapat digunakan oleh berbagai pengguna. Untuk mengatasi tantangan ini, akan penting bagi pemerintah dan pihak yang terlibat untuk bekerja sama dan berkolaborasi dalam pengembangan dan pengaturan platform ini.

Meski ada tantangan, potensi peluang yang ditawarkan oleh Metaverse sangat besar. Dengan platform Metaverse sendiri, China memiliki peluang untuk mendefinisikan ulang cara kerja, bermain, dan berinteraksi dengan masyarakat digital. Hal ini bisa membuka jalan bagi era baru dalam teknologi dan interaksi digital.

Peluncuran platform Metaverse ini merupakan langkah penting bagi Tiongkok dalam perjalanannya menuju menjadi pemimpin dalam teknologi Metaverse.

Meskipun masih ada tantangan yang perlu diatasi, komitmen China terhadap pengembangan Metaverse menunjukkan visi yang jelas tentang masa depan digital negara tersebut.

Baca juga: Fashion Digital Siap Naik Level Lewat Kolaborasi The Fabricant dan Metaverse Cornerstone

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


Referensi: