Korea Selatan Teguh Menolak ETF Crypto, Apa Alasannya?

author:

Korea Selatan Teguh Menolak ETF Crypto, Apa Alasannya?

Korea Selatan tetap kukuh pada kebijakannya melarang ETF berbasis crypto meskipun Amerika Serikat telah memberikan lampu hijau. Keputusan ini menimbulkan pertanyaan besar di kalangan investor dan pengamat pasar.

Apa yang sebenarnya menjadi pertimbangan Korea Selatan dalam mempertahankan larangan ini? Artikel ini akan mengupas tuntas alasan di balik kebijakan tersebut dan strategi yang tengah dijalankan oleh negeri ginseng ini.

Mengapa Korea Selatan Menentang ETF Crypto?

Korea Selatan memiliki pandangan yang berbeda terhadap crypto dibandingkan dengan Amerika Serikat. Pemerintah Korea Selatan tidak mengakui crypto sebagai aset keuangan yang sah. Hal ini menjadi salah satu alasan utama mengapa ETF berbasis crypto tidak diperbolehkan.

Baca juga: Gary Gensler Memilih untuk Menyetujui ETF Bitcoin Meskipun Dapat Kritik dari Publik!

Pemerintah Korea Selatan khawatir bahwa ETF crypto dapat meningkatkan spekulasi dan volatilitas pasar. Mereka juga mempertimbangkan risiko keamanan yang mungkin timbul dari produk keuangan yang berbasis pada aset digital.

Oleh karena itu, mereka memilih untuk mempertahankan larangan tersebut demi melindungi investor.

Apakah AS Meniru Regulasi Crypto Korea Selatan?

amerika serikat crypto
Sumber: PYMNTS

Meskipun AS telah memberikan persetujuan untuk ETF Bitcoin spot, Korea Selatan tidak terpengaruh untuk mengikuti langkah serupa. Regulasi crypto di Korea Selatan dirancang untuk mencerminkan kehati-hatian dan kontrol yang ketat. Ini berbeda dengan pendekatan yang lebih terbuka yang diambil oleh AS.

Korea Selatan lebih fokus pada pengembangan regulasi yang dapat menjamin keamanan investor dan stabilitas pasar. Mereka tidak terburu-buru untuk mengadopsi produk keuangan baru yang berbasis crypto tanpa memahami sepenuhnya implikasi jangka panjangnya. Ini menunjukkan bahwa Korea Selatan memiliki pendekatan yang lebih konservatif terhadap inovasi keuangan.

Baca juga: Terungkap! 10 Perusahaan Siap Luncurkan ETF Crypto di Hong Kong

Strategi Berkelanjutan Korea Selatan

Korea Selatan terus mengembangkan strategi untuk mengatur pasar crypto dengan lebih efektif. Mereka berupaya untuk menciptakan lingkungan yang aman bagi investor dengan memperketat pengawasan. Pemerintah juga berusaha untuk meningkatkan transparansi dalam transaksi crypto.

Selain itu, Korea Selatan sedang mempertimbangkan untuk memperkenalkan regulasi baru yang dapat mendukung pertumbuhan industri crypto dengan cara yang bertanggung jawab. Mereka ingin memastikan bahwa perkembangan teknologi ini dapat memberikan manfaat ekonomi tanpa mengorbankan perlindungan konsumen dan integritas pasar.

Meskipun Amerika Serikat telah melangkah maju dengan menyetujui ETF Bitcoin spot, Korea Selatan tetap pada pendiriannya untuk tidak mengikuti jejak tersebut. Keputusan ini mencerminkan komitmen Korea Selatan untuk menjaga stabilitas pasar dan melindungi investor dari risiko yang belum sepenuhnya dipahami.

Dengan strategi yang berhati-hati dan terkontrol, Korea Selatan berharap dapat menavigasi dunia crypto dengan bijaksana.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: