Korea Selatan Siapkan Regulasi Ketat untuk Penggunaan Mixer Aset Crypto!

author:

Korea Selatan Siapkan Regulasi Ketat untuk Penggunaan Mixer Aset Crypto!

Korea Selatan bersiap mengikuti jejak Amerika Serikat dalam menindak penggunaan layanan mixer aset crypto. Langkah ini diambil sebagai respons terhadap meningkatnya kasus pencucian uang melalui teknologi ini.

Pemerintah Korea Selatan, melalui Unit Intelijen Keuangan (FIU), tengah merancang regulasi yang akan membatasi operasi mixer aset crypto yang kerap kali disalahgunakan oleh pelaku kejahatan.

Regulasi Ketat Crypto di Ambang Pintu

FIU Korea Selatan mulai menggodok peraturan baru yang akan mengatur penggunaan layanan mixer aset crypto. Diskusi mengenai regulasi ini dipicu oleh langkah serupa yang telah diambil oleh Amerika Serikat.

Menurut seorang pejabat FIU, diskusi ini masih dalam tahap awal, namun kebutuhan akan regulasi semakin mendesak seiring dengan peningkatan kasus pencucian uang. Korea Selatan menghadapi tantangan besar dalam memerangi pencucian uang melalui aset crypto.

Mixer aset crypto, yang memungkinkan pengguna untuk menyamarkan asal-usul dana, menjadi sorotan karena kerap digunakan oleh pelaku kejahatan. Oleh karena itu, pemerintah berencana untuk mengenakan sanksi terhadap penggunaan layanan ini.

Baca juga: Korea Selatan Teguh Menolak ETF Crypto, Apa Alasannya?

Kerjasama Global Menjadi Kunci

Pengaturan mixer aset crypto memerlukan kerjasama internasional karena sifat transaksinya yang melintasi batas negara. FIU Korea Selatan menekankan pentingnya kerjasama global untuk menangani masalah ini secara efektif.

Langkah-langkah yang diambil oleh Amerika Serikat, termasuk sanksi terhadap Tornado Cash dan Sinbad, menjadi contoh yang mungkin diikuti oleh Korea Selatan. Perusahaan dalam negeri Korea Selatan juga tidak terlepas dari risiko kejahatan terkait aset crypto.

Kasus peretasan yang mengakibatkan kehilangan aset crypto senilai $81 juta dari sebuah perusahaan blockchain domestik menjadi bukti nyata. Oleh karenanya, regulasi yang komprehensif dan kerjasama antarnegara menjadi sangat penting untuk mencegah kejahatan serupa di masa depan.

Secara keseluruhan, Korea Selatan menunjukkan keseriusannya dalam memerangi kejahatan aset crypto dengan rencana penguatan kontrol terhadap mixer aset crypto. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan keamanan pasar aset kripto dan mengurangi risiko pencucian uang.

Dengan regulasi yang lebih ketat, Korea Selatan berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman bagi investor dan pengguna aset crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: