Khawatir Soal Aktivitas Ilegal, Korea Selatan Gempur Pasar Crypto OTC!

author:

Khawatir Soal Aktivitas Ilegal, Korea Selatan Gempur Pasar Crypto OTC!

Korea Selatan, yang dikenal dengan regulasi crypto ketatnya, kini memperketat pengawasan terhadap perdagangan crypto over-the-counter (OTC). Dengan meningkatnya kekhawatiran tentang penggunaan OTC untuk aktivitas kriminal, apa yang sebenarnya terjadi di balik layar?

Mengapa OTC Menjadi Sorotan?

OTC, berbeda dengan bursa crypto yang diatur, memungkinkan pengguna untuk berdagang aset crypto yang tidak terdaftar di bursa resmi. Ini memberikan anonimitas bagi para pedagang dan seringkali digunakan oleh investor besar.

Baca juga: Korea Selatan Berupaya Bekukan Aset Crypto Korea Utara: Langkah Strategis Melawan Pencurian Digital?

Sementara bursa crypto terbesar di Korea Selatan, Upbit, menawarkan sekitar 192 mata uang digital, platform OTC menawarkan hingga 700 mata uang crypto.

Kekhawatiran utama regulator adalah potensi penyalahgunaan OTC untuk pencucian uang dan transaksi ilegal lainnya, terutama oleh aktor asing.

Kasus yang Mendorong Regulasi Lebih Ketat

Salah satu kasus yang menonjol melibatkan Departemen Investigasi Kejahatan Internasional dari Kantor Jaksa Distrik Incheon. Tiga individu ditangkap dan didakwa melakukan transaksi valuta asing ilegal antara Oktober 2021 dan Oktober 2022.

Ketiganya diduga membeli mata uang digital senilai $70,9 juta dari platform OTC asing atas permintaan klien Libya dan kemudian mengkonversinya menjadi tunai di Korea.

Layanan Kepabeanan Korea mengestimasi bahwa transaksi valuta asing ilegal melalui mata uang digital bernilai $4 miliar pada tahun lalu.

Baca juga: Berkolaborasi dengan Bursa Crypto Terbesar, Korea Selatan Kerjakan Sistem Keamanan Crypto

Tindakan Regulator Korea Selatan

kebijakan crypto korea selatan
Sumber: Asia Business Law Journal

Otoritas keuangan Korea Selatan telah mengadakan sesi khusus yang berfokus pada isu-isu hukum kriminal terkait aset virtual, khususnya perdagangan crypto OTC yang tidak diatur.

Wakil kepala jaksa Ki No-Seong dan Park Min-woo dari Komisi Layanan Keuangan menekankan pentingnya mengatur pasar OTC untuk mengatasi kekhawatiran pencucian uang.

Selama ini, Korea Selatan dikenal dengan regulasi crypto ketatnya dan telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk mengatasi kejahatan terkait crypto, terutama setelah runtuhnya Terra.

Pada akhirnya, Korea Selatan terus berupaya memastikan integritas dan keamanan pasar crypto di negaranya. Dengan fokus baru pada perdagangan OTC, negara ini berharap dapat meminimalkan risiko dan melindungi investor serta ekonominya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: