Bertindak Tegas, Korea Selatan Berburu Bursa Crypto Ilegal!

author:

Bertindak Tegas, Korea Selatan Berburu Bursa Crypto Ilegal!

Korea Selatan kini menjadi sorotan dalam dunia crypto dengan langkah tegasnya terhadap bursa crypto ilegal. Pemerintah telah membuka kesempatan bagi masyarakat untuk melaporkan kegiatan bursa crypto yang tidak memiliki lisensi.

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya meningkatkan pengawasan dan keamanan di sektor crypto yang sedang berkembang pesat.

Kerjasama DAXA dan FIU

Pemerintah Korea Selatan, melalui Digital Asset Exchange Association (DAXA) dan Financial Intelligence Unit (FIU), telah mengumumkan inisiatif bersama untuk mengidentifikasi operator aset virtual yang menargetkan warga Korea tanpa mematuhi Artikel 7 dari Specific Financial Information Act. DAXA, yang mencakup lima bursa aset digital utama di Korea, memainkan peran penting dalam proses ini.

Baca juga: Bank of Korea dan Korea Exchange akan Menguji Aplikasi CBDC untuk Pasar Kredit Karbon!

Laporan yang masuk akan ditinjau oleh DAXA sebelum diteruskan ke FIU. FIU kemudian akan menentukan status operator dan apakah perlu dilakukan tindakan lebih lanjut. Jika terbukti melanggar, tindakan yang diperlukan, termasuk melibatkan agen investigasi, akan diambil.

Pengawasan Pasar Crypto Meningkat

crypto yang naik hari ini
The image created by AI

Langkah ini merupakan bagian dari strategi lebih luas Korea Selatan untuk meningkatkan pengawasan regulasi di sektor crypto. Pada 14 November 2023, Partai Demokrat Korea Selatan bahkan mewajibkan kandidat parlemen untuk mengungkapkan kepemilikan crypto mereka. Ini menunjukkan komitmen serius pemerintah dalam transparansi dan regulasi pasar crypto.

Pasar aset digital di Korea Selatan telah mengalami pertumbuhan signifikan pada tahun 2023. Total kapitalisasi pasar mencapai $21,1 miliar pada paruh pertama tahun 2023, dengan peningkatan keuntungan operasional sebesar 82%, mencapai total $168 juta. Ini menandakan pentingnya langkah pengawasan ini bagi stabilitas pasar.

Baca juga: Regulator Keuangan Afrika Selatan Siap Legalkan 36 Perusahaan Crypto!

Dampak Bagi Pengguna dan Pasar

Langkah ini diharapkan akan meningkatkan kepercayaan investor dan pengguna dalam pasar crypto Korea Selatan. Dengan adanya pengawasan yang lebih ketat, risiko penipuan dan kegiatan ilegal diharapkan akan berkurang. Ini juga akan membantu dalam menciptakan lingkungan pasar yang lebih aman dan transparan bagi semua pihak.

Namun, ini juga berarti bahwa pengguna dan investor harus lebih berhati-hati dalam memilih platform crypto yang mereka gunakan. Mereka harus memastikan bahwa platform tersebut memiliki lisensi yang sah dan mematuhi regulasi yang berlaku.

Secara keseluruhan, inisiatif Korea Selatan ini menandai langkah penting dalam evolusi pasar crypto global. Dengan meningkatnya pengawasan dan regulasi, pasar crypto diharapkan akan menjadi lebih aman dan dapat diandalkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: