Keuntungan Menanti, Korea Selatan Ubah Aturan Bunga Crypto!

Keuntungan Menanti, Korea Selatan Ubah Aturan Bunga Crypto!

Kabar gembira bagi para investor crypto di Korea Selatan, sebuah kebijakan baru akan memungkinkan kamu untuk mendapatkan bunga dari deposit crypto yang disimpan di bursa. Namun, ada pengecualian penting yang perlu kamu ketahui sebelum merayakan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Aturan Baru Bunga Crypto

Komisi Jasa Keuangan Korea Selatan (FSC) telah mengumumkan bahwa mulai Juli 2024, setiap deposit crypto yang kamu simpan di bursa akan mendapatkan bunga. Namun, tidak semua aset digital akan mendapatkan keuntungan ini, karena FSC telah mengecualikan token non-fungible (NFT) dan mata uang digital bank sentral (CBDC) dari kebijakan ini.

FSC menegaskan bahwa ada pengecualian untuk NFT yang berfungsi sebagai metode pembayaran dan dikeluarkan dalam jumlah besar. Dalam kasus seperti ini, NFT tersebut dapat diklasifikasikan sebagai aset virtual dan berhak mendapatkan bunga. Kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dan keamanan investor dalam menyimpan aset crypto mereka di bursa.

Baca Juga: Ledakan Cryptocurrency di Korea Selatan, 70% Aset Luar Negeri Terdiri dari Crypto!

Penyimpanan dan Keamanan Aset

regulasi crypto korea selatan
Sumber: Outlook India

Untuk meningkatkan keamanan, FSC juga menetapkan bahwa bursa harus memisahkan deposit pengguna dari aset mereka sendiri dan menitipkannya ke bank. Selain itu, bursa diwajibkan untuk menyimpan 80% dari koin dalam dompet dingin (cold wallet) untuk mengurangi risiko kehilangan aset. FSC juga menuntut agar penyedia layanan aset virtual mempersiapkan diri menghadapi peretasan atau insiden komputer lainnya.

Mereka harus memiliki asuransi atau cadangan dana untuk melindungi aset pengguna. Aturan ini juga melarang pemblokiran deposit atau penarikan kecuali jika sangat diperlukan dan atas permintaan pengadilan atau regulator keuangan.

Baca Juga: Ngambis, Korea Selatan Kucurkan Dana Lebih Dari Rp750 Miliar Untuk Pertumbuhan Metaverse

Perlindungan Tambahan bagi Investor

Korea Selatan terus memperkuat regulasi di ruang crypto. Pada awal Desember, regulator keuangan negara tersebut meminta pengguna untuk melaporkan bursa crypto yang tidak berlisensi dan menawarkan layanan di wilayahnya. Asosiasi Pertukaran Aset Digital dan Unit Intelijen Keuangan Korea Selatan memimpin inisiatif ini.

Selain itu, FSC juga menekankan pentingnya transparansi dan kepatuhan terhadap regulasi yang ada. Ini merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa industri crypto di Korea Selatan dapat berkembang dengan aman dan bertanggung jawab.

Dengan aturan baru ini, Korea Selatan menunjukkan komitmennya untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan industri crypto. Ini adalah langkah maju yang signifikan bagi investor crypto, yang kini dapat menikmati keuntungan tambahan dari deposit mereka, dengan pengecualian tertentu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: