Kontroversi Keluarga di Balik FTX: Pertikaian Gaji Sam Bankman-Fried dengan Orangtuanya

Kontroversi Keluarga di Balik FTX: Pertikaian Gaji Sam Bankman-Fried dengan Orangtuanya

Sam Bankman-Fried, pendiri dan mantan CEO bursa crypto FTX, saat ini berada di tengah-tengah kontroversi keluarga yang melibatkan orangtuanya, Allan Joseph Bankman dan Barbara Fried.

Perselisihan ini berkaitan dengan gaji yang diterima oleh Joseph Bankman selama masa kerjanya di FTX US.

Pertikaian Gaji: $200.000 vs $1 Juta

Joseph Bankman, ayah dari Sam, mengajukan keluhan mengenai gajinya yang seharusnya $1 juta per tahun, sementara kontrak yang dia miliki dengan FTX US hanya menjanjikan $200.000 per tahun.

Baca Juga: Harga Token FTX Turun 72,52% Dalam 24 Jam, Cek Berita Lengkapnya!

Bankman, yang mengambil cuti dari Stanford Law School untuk bergabung dengan FTX, tampaknya tidak mengetahui detail kontraknya dan mengharapkan gaji yang lebih tinggi.

Perselisihan ini kemudian melibatkan Barbara Fried, ibu dari Sam, yang tampaknya berhasil membujuk putranya untuk menyetujui perubahan gaji.

Dampak Perselisihan Gaji Terhadap Bisnis FTX

ftx rencanakan restrukturisasi
Sumber: The Guardian

Menurut tuntutan hukum yang diajukan oleh pihak FTX, kedua orangtua Sam diduga menyalahgunakan akses dan pengaruh mereka di FTX untuk memperkaya diri sendiri dengan jutaan dolar.

Selain perselisihan gaji, kedua orangtua Sam juga diduga terlibat dalam transfer dana dan properti mewah di Bahama senilai jutaan dolar.

Tuntutan tersebut juga mengklaim bahwa Joseph Bankman terlibat dalam upaya untuk menutupi pengaduan whistleblower yang mengancam untuk mengungkap FTX sebagai sebuah “rumah kartu”.

Tanggapan dan Dampak Hukum

Kasus ini merupakan bagian dari kasus kebangkrutan yang melibatkan FTX dan banyak anak perusahaannya yang diajukan pada November 2022.

Sam Bankman-Fried sendiri menghadapi 12 dakwaan pidana yang akan dibagi menjadi dua persidangan yang dimulai pada Oktober 2023 dan Maret 2024.

Baca Juga: Serangan Siber Hantam FTX! Apa yang Harus Kamu Ketahui & Bagaimana Tanggapan FTX?

Tim hukum untuk Joseph Bankman dan Barbara Fried menolak klaim yang diajukan oleh FTX dan menggambarkannya sebagai upaya untuk mengintimidasi mereka menjelang persidangan putra mereka.

Paragraf Penutup

Kontroversi ini menyoroti tantangan unik yang mungkin dihadapi oleh perusahaan keluarga, terutama ketika ada perselisihan finansial yang terlibat.

Bagaimanapun, hasil dari kasus ini akan memiliki dampak signifikan terhadap reputasi dan masa depan FTX.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: