Kontroversi Gensler: Apakah Kepemimpinan SEC Menghambat Kemajuan Industri Crypto?

Kontroversi Gensler: Apakah Kepemimpinan SEC Menghambat Kemajuan Industri Crypto?

Ketua Securities and Exchange Commission (SEC) AS, Gary Gensler, telah menjadi subjek perdebatan panas mengenai pendekatannya yang agresif terhadap regulasi industri crypto. Sementara beberapa melihat tindakannya sebagai perlindungan terhadap konsumen, yang lain merasa bahwa pendekatan Gensler menghambat inovasi dan pertumbuhan di sektor ini. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Gensler dan Pendekatan ‘Litigasi Berat’ SEC terhadap Crypto

Selama sidang dengan Komite Layanan Keuangan DPR, Gensler menjelaskan alasan di balik pendekatan litigasi berat SEC terhadap industri crypto. Menurutnya, banyak platform yang membahayakan publik dengan cara yang tidak patut.

Namun, beberapa anggota Kongres, seperti Congressman John Rose, merasa bahwa pendekatan ini tampaknya didorong oleh agenda politik, bukan hukum substantif. Gensler dengan cepat membantah klaim ini, menekankan bahwa satu-satunya agenda politik adalah melindungi publik Amerika.

Tuduhan lain datang dari Rep. Tom Emmer, yang menyatakan keraguan atas objektivitas Gensler sebagai regulator. Emmer menuduh Gensler berusaha mengkonsolidasikan kekuasaannya sendiri, meskipun itu berarti menghancurkan peluang bagi rakyat Amerika.

Baca Juga: Gary Gensler: Pelopor Baru dalam Regulasi Crypto atau Ancaman bagi Industri?

Kritik Industri dan Tuntutan Hukum

kritik industri dan tuntutan hukum
Sumber: GO Banking Rates

Dengan lebih dari 40 aturan yang diajukan oleh Gensler, banyak pihak di industri keuangan yang merasa frustrasi. Beberapa bahkan telah memilih untuk menggugat SEC, menunjukkan ketidakpuasan yang mendalam dengan pendekatan regulasi saat ini.

Kritik dari industri telah meningkat selama setahun terakhir, dengan keluhan tentang terlalu banyak aturan, kurangnya waktu untuk masukan industri, dan tidak adanya diskusi terbuka. Beberapa kasus, seperti yang melibatkan Grayscale Bitcoin Trust dan Virtu Financial, menyoroti ketegangan antara SEC dan pemain industri.

Kritik lain datang dari anggota Kongres yang merasa bahwa Gensler terlalu cepat dalam mengadopsi aturan tanpa memberikan cukup waktu untuk konsultasi publik atau pertimbangan mendalam.

Baca Juga: Meme Coin Gary Gensler Mendominasi Pasar Crypto, Simak Kisah Dibaliknya!

Apakah Saatnya Kongres Mengambil Tindakan?

Dengan ketidaksepakatan yang terus berlanjut antara Gensler dan kritikusnya, pertanyaan muncul apakah Kongres harus mengambil tindakan legislatif untuk memberikan kerangka kerja yang lebih jelas untuk aset digital.

Beberapa anggota Kongres, seperti McHenry, telah mendorong legislasi yang dapat membantu menetapkan struktur pasar untuk crypto. Namun, masih ada perdebatan tentang jenis kebijakan apa yang terbaik bagi semua pemangku kepentingan di ekosistem crypto baru.

Sementara Gensler berpendapat bahwa regulasi saat ini sudah jelas, banyak yang merasa bahwa pendekatan yang lebih kolaboratif antara regulator dan industri diperlukan untuk memastikan pertumbuhan dan inovasi yang berkelanjutan di sektor ini.

Kontroversi mengenai pendekatan regulasi SEC terhadap industri crypto menunjukkan betapa kompleks dan dinamisnya lanskap ini. Meskipun ada ketidaksepakatan, yang jelas adalah kebutuhan untuk kerjasama dan dialog yang konstruktif antara regulator, industri, dan pemangku kepentingan lainnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: