Kontroversi Besar! Kraken, Bursa Crypto Besar, Dituntut oleh SEC AS!

Kontroversi Besar! Kraken, Bursa Crypto Besar, Dituntut oleh SEC AS!

Kraken, yang merupakan salah satu bursa crypto paling besar di dunia, dituntut oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) pada hari Senin. SEC menuduh Kraken menjalankan operasi sebagai bursa sekuritas secara ilegal tanpa mendaftar terlebih dahulu ke regulator. Simak berita lengkapnya berikut ini!

SEC Aktif Menuntut Bursa Crypto

Tuntutan ini adalah langkah terkini dari Ketua SEC, Gary Gensler, untuk mengawasi crypto di bawah agensinya. Gensler beranggapan bahwa aset digital adalah kontrak investasi yang harus mematuhi hukum sekuritas federal. Kraken, yang berpusat di San Francisco, berencana untuk membela diri.

Mereka berpendapat bahwa Kongres haruslah yang menentukan bagaimana mengatur bursa crypto dan menyebut pandangan SEC tentang aset digital “salah dari segi hukum, tidak akurat dari segi fakta, dan bencana dari segi kebijakan.”

Baca Juga: Kasus Terkini di Ranah Crypto: Kraken Dicap SEC Melakukan Pelanggaran Hukum!

Kraken Diduga Mengabaikan Hukum Sekuritas

kontroversi kraken sec
Sumber: Bitcoin News

SEC menyatakan bahwa Payward Inc dan Payward Ventures Inc, yang beroperasi sebagai Kraken, sejak 2018 telah menghasilkan ratusan juta dolar dari penjualan dan pembelian crypto, sementara mengabaikan hukum sekuritas yang dibuat untuk melindungi investor.

Kraken juga dituduh memiliki kontrol internal yang tidak memadai dan pencatatan yang tidak memadai, yang tercermin sebagian dalam pencampuran uang pelanggan dengan uang mereka sendiri dan membayar biaya operasional langsung dari akun pelanggan.

Baca Juga: Kraken Perkuat Kehadirannya di Eropa dengan Akuisisi Broker Crypto Belanda!

Kraken dan Binance Dituduh Mencampuradukkan Dana Pelanggan

Kraken dan Binance, bursa crypto terbesar di dunia, dituduh oleh SEC mencampuradukkan dana pelanggan. Binance telah membantah tuduhan tersebut. Tuntutan hari Senin ini mencari denda sipil, pengembalian keuntungan yang diperoleh secara tidak sah, dan penghentian beroperasi sebagai bursa tanpa mendaftar.

Kraken didirikan pada tahun 2011 dan didukung oleh investor termasuk Blockchain Capital, Digital Currency Group, Hummingbird Ventures, SkyBridge, dan Tribe Capital. Kasus ini adalah SEC v Payward Inc et al, Pengadilan Distrik AS, Distrik Utara California, No. 23-06003.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: