Konsorsium Keselamatan AI AS: Kolaborasi Raksasa Teknologi untuk Masa Depan AI

Konsorsium Keselamatan AI AS: Kolaborasi Raksasa Teknologi untuk Masa Depan AI

Dalam langkah monumental, pemerintah AS telah mengumumkan pembentukan Konsorsium Keselamatan AI AS, yang menandai kolaborasi antara beberapa nama terbesar di industri teknologi seperti Microsoft, Google, Apple, dan Meta.

Inisiatif ini bertujuan untuk memimpin pengembangan dan penerapan kecerdasan buatan (AI) generatif yang aman, menanggapi perintah eksekutif Presiden Biden yang berfokus pada keamanan dalam pengembangan AI sambil menjaga privasi data.

Kolaborasi Industri untuk Standar Keselamatan AI

Konsorsium, yang berada di bawah naungan Institut Keselamatan AI AS, mengumpulkan lebih dari 200 anggota dari berbagai sektor, termasuk agensi pemerintah, institusi akademik, dan perusahaan seperti Northrop Grumman, BP, Qualcomm, dan Mastercard. Tujuan utamanya adalah untuk mengembangkan pedoman untuk “red-teaming, evaluasi kemampuan, manajemen risiko, keselamatan dan keamanan, serta watermarking konten sintetis.”

Baca Juga: Artificial Intelligence Bisa Bawa Bitcoin Tembus $100K di 2024?! Ini Faktanya!

Inisiatif ini menekankan peran penting pemerintah AS dalam menetapkan standar dan mengembangkan alat yang diperlukan untuk memitigasi risiko dan memanfaatkan potensi besar AI. Dengan menggabungkan kekuatan para pencipta dan pengguna AI, peneliti dari pemerintah dan industri, serta organisasi masyarakat sipil, konsorsium ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang menghasilkan AI yang aman dan dapat dipercaya.

Mengarahkan AI Menuju Pengembangan yang Bertanggung Jawab

pertemuan biden membahas ai
Sumber: Reuters

Konsorsium ini muncul sebagai respons terhadap perintah eksekutif Presiden Biden yang dikeluarkan pada akhir Oktober 2023, yang mengarahkan agensi federal untuk meningkatkan pengembangan teknik pelatihan sistem AI.

Dalam prosesnya, perintah ini berusaha untuk memastikan privasi data selama pelatihan, menanggapi kekhawatiran yang berkembang mengenai evolusi cepat AI generatif yang berpotensi menggantikan sebagian besar pekerjaan atau menyebabkan gangguan selama pemilihan.

Mengatur Arah untuk Inovasi yang Aman

Dengan fokus pada pengaturan standar keselamatan dan perlindungan ekosistem inovasi, Konsorsium Keselamatan AI AS diharapkan dapat memainkan peran kunci dalam memastikan bahwa AS tetap menjadi pemimpin dalam pengembangan dan penerapan AI yang aman dan bertanggung jawab.

Kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta ini menandai langkah penting menuju masa depan di mana teknologi AI dapat berkembang dengan cara yang menguntungkan semua pihak sambil meminimalkan risiko.

Baca Juga: Vatikan Mulai Lirik Teknologi Artificial Intelligence (AI), AI Bisa Ubah Dunia?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

Referensi: