Konferensi Google I/O: Luncurkan AI Generatif PaLM 2 dan Upgrade Bard Jadi Lebih Canggih?

Konferensi Google I/O: Luncurkan AI Generatif PaLM 2 dan Upgrade Bard Jadi Lebih Canggih?

Google, raksasa teknologi dunia, baru saja mengumumkan serangkaian alat AI baru di konferensi tahunannya, Google I/O. Konferensi ahunan Google I/O berlangsung di California, pada tanggal 10 Mei 2023 dengan CEO Sundar Pichai memberikan pidato utama tentang pembaruan paling signifikan pada AI perusahaan.

Para pengamat berpendapat bahwa alat-alat ini akan meredefinisi berbagai aspek dalam dunia teknologi. Simak berita lengkapnya berikut ini!

PaLM 2: Karya Cemerlang Google dalam AI

Dilansir dari Coindesk, Google menciptakan keajaiban baru dalam dunia AI dengan memperkenalkan PaLM 2. Alat AI generatif ini dirancang untuk menciptakan gambar dan desain secara otomatis, yang memungkinkan proses desain menjadi lebih cepat dan efisien. Dengan kapabilitas ini, PaLM 2 diharapkan mampu membantu desainer menghasilkan karya yang lebih inovatif dan menarik.

Alat ini tidak hanya akan mempengaruhi cara kerja desainer, tetapi juga membuka peluang baru dalam industri desain dan grafis. Dengan adanya PaLM 2, desainer bisa berfokus pada ide-ide kreatif mereka, sementara proses desain dan pembuatan gambar bisa ditangani oleh AI.

PaLM 2 juga diharapkan akan mempengaruhi dunia seni dan grafis secara luas. Alat ini dapat digunakan untuk membuat ilustrasi, logo, dan berbagai jenis desain lainnya, sehingga memperluas cakupan dan kemungkinan apa yang dapat dicapai oleh AI dalam dunia desain dan grafis.

Baca Juga: Flare Integrasikan Blockchain API di Google Cloud Marketplace, Bakal Seperti Apa?

Google Tingkatkan Kemampuan Bard

google bard palm 2
Bard telah di-porting ke PaLM 2 Google yang baru untuk meningkatkan kemampuannya. Sumber: YouTube

Bard, jawaban Google untuk ChatGPT adalah salah satu produk yang mendapatkan sentuhan PaLM 2, dengan fitur-fitur yang ditingkatkan dan penyebaran yang lebih luas.

Model AI percakapan ini diluncurkan sekitar dua bulan lalu, namun hanya di AS dan Inggris, sekarang sudah diluncurkan di lebih dari 180 negara, dengan lebih banyak negara yang akan menyusul.

Sebagian dari peningkatan Bard mencakup peningkatan kemampuannya dalam pengkodean dan repertoarnya. Google juga meningkatkan sumber sitasinya dengan bot menunjukkan dari mana ia mengambil kode tertentu.

Alat AI generatif gambar dari perusahaan perangkat lunak grafis Adobe juga akan segera diintegrasikan ke dalam Bard, yang memungkinkannya untuk menghasilkan gambar dari sebuah petunjuk, mirip dengan alat-alat populer lainnya.

Baca Juga: Google Cloud Bakal Perluas Program Startup Web3, Hanya 11 Perusahaan Blockchain yang Terpilih?

Perubahan Signifikan pada Mesin Pencarian Google

perubahan pada mesin pencarian google
Sumber: Akun Twitter Pete

Google juga mengumumkan perubahan besar pada mesin pencariannya, dengan penggunaan AI untuk memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan akurat.

Perubahan ini akan memungkinkan pengguna mendapatkan informasi yang lebih spesifik dan tepat sesuai dengan kebutuhan mereka. Ini merupakan langkah besar Google dalam peningkatan kualitas layanan mesin pencariannya.

Pengumuman Google tentang alat-alat AI baru ini menunjukkan bagaimana perusahaan ini berupaya terus berinovasi dan memimpin dalam dunia teknologi. Dengan alat-alat ini, Google tidak hanya memberikan solusi baru dalam berbagai aspek teknologi, tetapi juga membuka peluang baru bagi para profesional dan industri terkait.

Referensi: