Market Mulai Menghijau, Ini 3 Kondisi Terkini Pasar Crypto!

Market Mulai Menghijau, Ini 3 Kondisi Terkini Pasar Crypto!

Apakah kamu sudah mendengar kabar terbaru dari dunia crypto hari ini? Dari fluktuasi harga Bitcoin, aksi penegakan hukum oleh SEC, hingga lonjakan pembelian ETF, berikut adalah rangkuman informasi yang tidak boleh kamu lewatkan. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penurunan Aliran Keluar GBTC: Sinyal Positif?

penurunan gbtc outflow
Sumber: Akun X 10 Delta

Data terbaru menunjukkan bahwa aliran keluar dari Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) telah melambat untuk hari kedua berturut-turut. Pada tanggal 24 Januari, GBTC mencatatkan aliran keluar sebesar $429 juta, angka terendah sejak peluncuran ETF Bitcoin spot Grayscale pada 11 Januari. Ini menandakan penurunan sebesar 33% dibandingkan dengan awal minggu pada tanggal 22 Januari.

Analisis dari Bloomberg, Eric Balchunas, menyatakan bahwa aliran keluar GBTC tampaknya menurun, meskipun angkanya masih cukup besar. GBTC telah kehilangan 106.092 BTC, senilai sekitar $4,4 miliar, selama sembilan hari perdagangan. Pertanyaan yang muncul adalah apakah ini pertanda bahwa tren penjualan Bitcoin dalam jumlah besar akan segera berakhir.

Baca Juga: Token MANTA Melonjak 31,29%, Ini Faktor Utama Kenaikannya!

SEC di Bawah Gensler Tingkatkan Penegakan Hukum Crypto

sec dibawah gensler
Sumber: Akun X James Seyffart

Laporan terbaru dari Cornerstone Research mengungkapkan bahwa di bawah kepemimpinan Gary Gensler, SEC telah mengejar lebih banyak kasus penegakan hukum terkait crypto dibandingkan dengan pendahulunya.

Pada tahun 2023 saja, SEC telah mengajukan 46 tindakan penegakan terhadap perusahaan crypto, lebih dari dua kali lipat jumlah kasus pada tahun 2021. Simona Mola dari Cornerstone menekankan bahwa Gensler telah menyatakan bahwa penegakan hukum adalah alat, bukan tujuan akhir.

Beberapa kasus besar yang ditangani SEC termasuk tindakan terhadap bursa crypto seperti Binance, Coinbase, dan Kraken, serta proyek blockchain Terraform Labs dan Ripple. Kasus-kasus ini masih berlangsung hingga saat ini.

Baca Juga: Terobosan Gaming Web3, Snaky Cat Hadir di Base Coinbase!

ETF Bitcoin Spot Menarik 100K BTC dalam 7 Hari

penarikan etf btc spot
Sumber: Akun X The Bitcoin Therapist

Data yang dilacak oleh Cointelegraph menunjukkan bahwa sembilan ETF Bitcoin spot, termasuk iShares Bitcoin Trust dari BlackRock dan Wise Origin Bitcoin Fund dari Fidelity, telah menarik 102.613 BTC hanya dalam tujuh hari.

Sementara itu, MicroStrategy membutuhkan waktu sekitar 300 hari untuk mencapai angka serupa. Jumlah BTC yang terkumpul ini setara dengan 53% dari semua koin yang diakumulasi oleh raksasa investasi BTC, MicroStrategy, selama tiga tahun terakhir. Menurut laporan akuisisi terbaru MicroStrategy, perusahaan tersebut memiliki total 189.150 BTC per 26 Desember 2023.

Kesimpulan

Dengan berbagai dinamika yang terjadi di pasar crypto saat ini, penting bagi kamu untuk terus mengikuti perkembangan terkini. Dari penurunan aliran keluar GBTC, peningkatan penegakan hukum oleh SEC, hingga lonjakan pembelian ETF, setiap informasi bisa memberikan dampak signifikan terhadap keputusan investasimu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi