Wih, Jumlah Pengguna NFT Polygon Melesat Hingga 500%, Pertanda Baik?

Wih, Jumlah Pengguna NFT Polygon Melesat Hingga 500%, Pertanda Baik?

Dilansir dari Coindesk, market NFT Polygon saat ini mengalami peningkatan adopsi yang signifikan, berkat adanya beberapa kolaborasinya dengan perusahaan-perusahaan brand terkenal seperti Reddit, Starbucks, dan masih banyak lainnya.

Meskipun saat ini adalah masa-masa crypto winter, harga NFT di market NFT Polygon terpantau mampu mencapai ATH baru sepanjang masa selama bulan Desember 2022, menurut data dari platform analitik blockchain, Nansen. Menurut coindesk, lonjakan tersebut justru terjadi ketika ekosistem NFT di jaringan lain seperti Ethereum dan Solana mengalami penurunan jumlah pengguna per minggu.

Berdasarkan data Nansen, market NFT Polygon menunjukkan tanda-tanda adopsi yang signifikan, lalu bagaimana dengan volume dan penjualannya? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Jumlah Pembeli Harian di Market NFT Polygon Melesat Hingga 81.317!

Jumlah Pembeli Harian di Market NFT Polygon Melesat Hingga 81.317!
Sumber: Data Nansen (Coindesk)

Grafik di atas merupakan grafik hasil penelitian Nansen terhadap jumlah returning buyers dan first time buyers per hari di market NFT Polygon. Hanya mencakup proyek-proyek mint dan NFT di OpenSea, data Nansen selama setahun terakhir menunjukkan jumlah pembeli pertama kali bervariasi antara 1.000 hingga 10.000, sementara jumlah returning buyers atau pembeli yang kembali berada di angka 10.000 hingga 15.000 per hari.

Berdasarkan grafik di atas, sebelumnya pada 5 Oktober 2022, jumlah pembeli pertama berada di angka 1.858, dan meningkat tajam hingga mencapai 43.761 pada 11 Desember 2022. Lalu, untuk returning buyers, jumlah pembeli berada di angka 8.739 pada 5 Oktober 2022, dan meningkat pesat ke angka 81.317 pada 11 Desember 2022.

Baca Juga: Polygon Jadi ‘Raja Web3’? Bagaimana Prospek dan Prediksi Polygon 2023?

Polygon x Reddit: NFT Market Overview

Polygon x Reddit: NFT Market Overview
Sumber: Data Nansen (Coindesk)

Dalam 24 jam terakhir, per 13 Desember 2022, market NFT Polygon memiliki 10 koleksi dengan lebih dari 180.000 holder dan 4 koleksi dengan lebih dari 500.000 holder. Dari 10 koleksi teratas dalam 24 jam terakhir untuk market NFT Polygon, 4 di antaranya terhubung ke Reddit, yang ditayangkan pada akhir Agustus 2022 sebagai bagian dari dorongan awal Reddit untuk mengintegrasikan teknologi blockchain.

Sebelumnya, pada Juli 2022, Reddit meluncurkan ‘Collectible Avatar’ atau koleksi avatar yang berbasis Polygon di marketplace OpenSea, dan NFT tersebut berhasil menghasilkan $2,5 juta hanya dalam 1 hari, yakni pada tanggal 23 Oktober hingga 24 Oktober 2022.

Mengacu pada kolaborasi Polygon dengan brand-brand ternama seperti Nike, Starbucks, dan Reddit, CEO Polygon Studios Ryan Wyatt, mengatakan kepada CoinDesk TV “First Mover” bahwa, Polygon telah menyusun strategi sedemikian rupa, sehingga semua partner yang bergabung dengan Polygon tidak akan kesulitan.

Pengguna NFT Polygon per Minggu Melesat Hingga 500%

Pengguna NFT Polygon per Minggu Melesat Hingga 500
Sumber: Data Nansen (Coindesk)

Dilansir dari Coindesk, jumlah pengguna per minggu di ekosistem NFT Polygon naik secara signifikan hingga lebih dari 500% sejak awal Agustus 2022, hampir sama dengan jumlah kenaikan pembeli per hari. Lalu, antara 5 Desember dan 12 Desember 2022, blockchain memiliki lebih dari 240.000 pengguna, tertinggi sepanjang masa untuk jumlah pengguna per minggu, menurut Coindesk.

Baca Juga: Alternatif Spotify! 3 Perusahaan Besar Luncurkan Platform Musik Web3!

Transaksi NFT Polygon Capai 24,35 Juta Transaksi Dalam Waktu 4 Minggu

Transaksi NFT Polygon Capai 24,35 Juta Transaksi Dalam Waktu 4 Minggu
Sumber: Data Nansen (Coindesk)

Transaksi Polygon per minggu selama 4 minggu terakhir berjumlah sekitar 24,36 juta transaksi, dengan mayoritas berasal dari mint, yang mana menunjukkan peningkatan aktivitas dibandingkan dengan minggu-minggu sebelumnya pada tahun 2022.

Meskipun minggu terakhir yang berakhir pada 12 Desember 2022 memiliki jumlah transaksi yang lebih rendah dibandingkan dengan tiga minggu sebelumnya, transaksi dalam seminggu terakhir ini, yang mencapai sekitar 3 juta, melebihi hampir semua transaksi minggu lainnya pada tahun 2022, menurut data Nansen.

Volume Perdagangan NFT Polygon di Market Capai 7,9 Juta MATIC Dalam 30 Hari

Volume Perdagangan NFT Polygon di Market Capai 7,9 Juta MATIC Dalam 30 Hari
Sumber: Data Nansen (Coindesk)

Dilansir dari Coindesk, tahun 2022 ini, NFT Polygon memiliki total 338 juta MATIC, senilai $305 juta atau setara dengan Rp4,7 triliun (kurs $1 = Rp15.627) saat ini, dengan jumlah 2,27 juta dompet unik dalam 1 tahun. Sedangkan dalam rentang waktu 30 hari, NFT Polygon memiliki volume 7,9 juta MATIC, senilai dengan Rp109 miliar, yang mana angka tersebut mengalami penurunan hingga 54% dalam 30 hari terakhir.

Meskipun pembeli, pengguna, dan transaksi per minggu menyentuh angka tertinggi baru, volume perdagangan per minggu dalam beberapa bulan terakhir mendekati posisi terendah. Martin Lee, jurnalis data senior di Nansen, menyampaikan bahwa angka tersebut menunjukkan sebagian besar aktivitas adalah mint gratis/pembelian bernilai rendah.

Akun Twitter Martin Lee
Sumber: Akun Twitter Martin Lee, Nansen, @themlpx

Pada 9 Desember 2022, Lee mengunggah tanggapannya tentang adopsi pertumbuhan di ekosistem NFT Polygon melalui cuitan di akun Twitter-nya, dan menuliskan bahwa,  “Pandangan saya adalah bahwa jalur adopsi saat ini sebagian besar dipimpin oleh @Fwiz [Ryan Wyatt, CEO Polygon Studios], dan tim di @0xPolygon membantu menghilangkan stigma dan gagasan saat ini bahwa nilai utama NFT adalah spekulasi.”

Lee juga menambahkan bahwa semakin banyak pengguna yang menggunakan NFT Polygon dan melihat NFT sebagai bagian dari teknologi, alih-alih aset yang dapat diperdagangkan, akan semakin baik.

Baru-baru ini, pada akhir November 2022, Polygon berkolaborasi dengan Magic Eden untuk luncurkan game blockchain di tahun 2023 mendatang. Tak hanya itu, pada pertengahan desember, Winamp, Windows media player, juga tambahkan dukungan Polygon dan Ethereum untuk NFT Musik.

Referensi: