Komunitas Arbitrum Gelontorkan Dana $1 Juta untuk Pengembang Tornado Cash!

author:

Komunitas Arbitrum Gelontorkan Dana $1 Juta untuk Pengembang Tornado Cash!

Dalam sebuah langkah yang menarik perhatian komunitas crypto global, komunitas Arbitrum telah memulai pemungutan suara untuk mendanai pertahanan hukum tim Tornado Cash, sebuah mixer cryptocurrency yang terkenal.

Dengan potensi dana hingga jutaan dolar, komunitas ini berdiri teguh di belakang prinsip privasi dan inovasi, menandai momen penting dalam pertarungan antara privasi pengguna dan regulasi pemerintah.

Langkah Berani untuk Privasi dan Inovasi

Komunitas Arbitrum telah mengambil langkah berani dengan memulai pemungutan suara untuk mendanai pertahanan hukum tim Tornado Cash, yang telah berada di bawah tekanan hukum karena layanannya.

Baca juga: GoFundMe Hentikan Penggalangan Dana untuk Pembelaan Hukum Tornado Cash!

Proposal terbuka untuk pemungutan suara

Proposal yang diajukan menyarankan donasi hingga 600.000 token ARB, senilai hampir $1,3 juta, untuk mendukung pertahanan hukum Alexey Pertsev dan Roman Storm, pengembang di balik Tornado Cash.

Inisiatif ini menunjukkan dukungan kuat komunitas terhadap privasi dan inovasi dalam ruang crypto, menegaskan kembali hak individu untuk privasi dan perlindungan hukum terhadap gangguan sewenang-wenang.

Dengan lebih dari 80% suara yang mendukung tingkat pendanaan tertinggi, komunitas Arbitrum menunjukkan solidaritas yang kuat. Tujuan utama dari upaya ini adalah untuk melindungi hak pengembang dalam mendistribusikan perangkat lunak sumber terbuka yang belum disetujui dan untuk menawarkan perlindungan hukum yang kuat bagi kedua individu tersebut.

Hal ini menegaskan kembali komitmen komunitas terhadap masa depan teknologi yang menjaga privasi dan prinsip-prinsip inovasi, desentralisasi, dan kedaulatan individu.

Tantangan Hukum dan Dukungan Komunitas

Tornado Cash dan pendirinya menghadapi tuduhan serius terkait peran platform dalam pencucian lebih dari $1 miliar dana ilegal, termasuk uang yang terkait dengan organisasi peretas Korea Utara, Grup Lazarus.

Tuduhan ini telah menyebabkan Tornado Cash ditambahkan ke daftar sanksi Amerika Serikat, efektif melarang penduduk negara tersebut menggunakan layanan tersebut dan memicu kontroversi dalam komunitas cryptocurrency.

Pendukung Tornado Cash berpendapat bahwa platform hanya menyediakan perangkat lunak untuk transmisi uang terdesentralisasi dan tidak secara langsung terlibat dalam transmisi uang itu sendiri, yang menantang dasar dari tuduhan terhadap pengembangnya.

Baca juga: Ambil Langkah Berani, Jito Labs Umumkan Penutupan Fungsi ‘Mempool’

Pertsev dan Storm menghadapi beberapa tuduhan dari otoritas AS, termasuk konspirasi untuk melakukan pencucian uang dan pelanggaran sanksi, dengan masing-masing tuduhan dapat mengakibatkan hukuman maksimal 20 tahun penjara.

Masa Depan Privasi dalam Crypto

Proposal komunitas ini muncul beberapa hari setelah platform penggalangan dana GoFundMe membatalkan penggalangan dana yang didedikasikan untuk mengumpulkan biaya hukum untuk Storm dan Pertsev, dengan alasan pelanggaran terhadap ketentuan layanan mereka.

Keputusan komunitas Arbitrum untuk mendukung Tornado Cash menyoroti pentingnya privasi dan kebebasan individu dalam teknologi crypto, serta tantangan yang dihadapi oleh pengembang dalam menghadapi tekanan hukum dan regulasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: The Block