Komunitas Aave Setujui Larangan Peminjaman CRV Terkait Insiden Hacking Curve Finance

author:

Komunitas Aave Setujui Larangan Peminjaman CRV Terkait Insiden Hacking Curve Finance

Menanggapi insiden hacking yang mengakibatkan kehilangan $61 juta dari Curve Finance, komunitas Aave telah mengesahkan proposal untuk menghentikan peminjaman CRV lebih lanjut. Proposal ini mendapat dukungan penuh dari komunitas, dengan tujuan utama untuk melindungi ekosistem Aave dan DeFi secara keseluruhan.

Latar Belakang Proposal dan Dukungan Komunitas

prediksi harga aave 2025
Vecteezy

Proposal yang diberi judul “Gauntlet Recommendation for CRV LTV -> 0 on Aave v2 Ethereum” diajukan oleh Gauntlet Group. Proposal ini bertujuan untuk menghentikan peminjaman tambahan terhadap CRV, terutama mengingat risiko likuidasi utang pendiri Curve Finance, Michael Egorov.

Baca juga: Dukungan Besar untuk Curve: Pendiri Huobi, Jun Du, Beli 10 Juta Token CRV!

Komunitas Aave merespons dengan dukungan yang luar biasa. Proposal tersebut mendapatkan suara “Ya” sebanyak 100%, menunjukkan kesepakatan penuh dari komunitas untuk menghentikan peminjaman tambahan terhadap CRV.

Lebih lanjut, langkah ini diambil sebagai tindakan pencegahan untuk melindungi Aave dan ekosistem DeFi yang lebih luas dari potensi risiko yang mungkin timbul dari likuidasi utang Michael Egorov.

Fokus Utama Proposal Gauntlet

Sebelumnya, Gauntlet telah melakukan pemeriksaan mendalam terhadap risiko yang terkait dengan akun yang dikendalikan oleh pendiri Curve Finance, Michael Egorov. Akun tersebut telah meminjam sekitar $54 juta USDT dengan jaminan $158 juta CRV.

“Kami merekomendasikan untuk menetapkan LTV CRV menjadi 0 untuk membantu menghambat pinjaman tambahan terhadap agunan CRV yang sudah ada karena penurunan likuiditas CRV akhir-akhir ini.”

Fokus utama dari proposal yang diajukan adalah untuk menetapkan “CRV LTV menjadi 0” guna mencegah peminjaman tambahan terhadap jaminan CRV yang ada, terutama mengingat penurunan likuiditas CRV yang baru-baru ini terjadi.

Selain itu, Egorov telah aktif melunasi utangnya melalui penjualan OTC dari token CRV, dengan tujuan untuk mengurangi potensi risiko bagi ekosistem.

Baca juga: Justin Sun dari Tron Bantu Curve Finance dari Krisis Utang dengan Membeli 5 Juta CRV!

Dampak Terhadap Pasar dan Harga CRV

Menyusul keputusan ini, harga token CRV mengalami fluktuasi. Meskipun sempat mengalami kenaikan sebesar 10% pada hari Sabtu (5/8/23), harga token CRV kemudian mengalami penurunan.

Dalam 24 jam terakhir pada tanggal 7 Agustus 2023, laporan Coingape mencatat harga CRV turun sekitar 0,50% dan 5% dalam seminggu, dengan harga yang diperdagangkan sekitar $0,61. Sementara itu, volume perdagangan juga mengalami penurunan sebesar 70% dalam 24 jam terakhir, menunjukkan kurangnya minat dari investor saat ini.

Pada akhirnya, keputusan komunitas Aave untuk menghentikan peminjaman CRV menunjukkan respons cepat dan proaktif terhadap potensi risiko di ekosistem DeFi. Dengan dukungan penuh dari komunitas, Aave berupaya memastikan keamanan dan stabilitas platformnya di tengah-tengah tantangan yang muncul di pasar crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: