Krisis Likuidasi Curve Terhindar, Komunitas Aave Ambil Langkah Besar!

Krisis Likuidasi Curve Terhindar, Komunitas Aave Ambil Langkah Besar!

Komunitas Aave sedang dalam proses untuk mengurangi paparan protokolnya terhadap token Curve DAO (CRV). Dua proposal telah diajukan untuk pemungutan suara pada 10 Agustus 2023, sebagai respons terhadap risiko yang ditimbulkan oleh posisi pinjaman besar yang dipegang oleh pendiri Curve Finance, Michael Egorov. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Latar Belakang Krisis Liquidasi

krisis likuidasi curve finance
Proposal untuk mengurangi ambang batas likuidasi untuk CRV pada Aave v2 di Ethereum. Sumber: Aave

Michael Egorov, pendiri Curve Finance, menggunakan lebih dari 30% dari total kapitalisasi pasar CRV sebagai jaminan untuk mengambil pinjaman hampir $60 juta di Aave v2.

Namun, serangan keamanan pada Curve pada 30 Juli 2023 menyebabkan penurunan harga token CRV, membuat posisi Egorov berisiko likuidasi. Situasi ini memicu kebutuhan untuk tindakan cepat guna mencegah potensi kerugian yang lebih besar.

Baca Juga: Komunitas Aave Setujui Larangan Peminjaman CRV Terkait Insiden Hacking Curve Finance

Detail Proposal yang Diajukan

Hingga 12 Agustus 2023, pemegang token Aave dapat memberikan suara pada dua proposal. Proposal pertama bertujuan untuk mengurangi ambang batas likuidasi sebesar 6% untuk CRV di Aave V2.

Jika disetujui, ini dapat membuat beberapa akun pengguna berisiko likuidasi. Proposal kedua menyarankan untuk menghentikan peminjaman CRV di Ethereum dan Polygon V3, sehingga menghentikan kemampuan untuk menjual pendek CRV melalui protokol Aave.

Baca Juga: Setelah Lakukan Voting Komunitas, Protokol Aave Terapkan V3 Pada Blockchain Ethereum!

Dukungan Komunitas dan Proposal Tambahan

komunitas aave voting
Sumber: The Block

Saat ini, lebih dari 571.000 suara telah diajukan, dengan 100% pemegang token mendukung pembatasan paparan Aave terhadap CRV.

Selain itu, ada proposal ketiga yang diajukan oleh pendiri Aave Chan, Marc Zeller, yang menyarankan agar Treasury Aave membeli token CRV senilai $2 juta dari Curve. Proposal ini dianggap sebagai tanda dukungan komunitas DeFi terhadap kesehatan ekosistem.

Dengan berbagai proposal yang sedang dipertimbangkan, komunitas Aave menunjukkan komitmen kuat untuk menjaga stabilitas dan keamanan protokolnya. Respons cepat ini menunjukkan bagaimana ekosistem DeFi dapat beradaptasi dengan cepat terhadap tantangan dan risiko yang muncul.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: