Perusahaan Komputasi Kuantum Oxford Umumkan Pendanaan Senilai $100 Juta oleh SBI Jepang

author:

Perusahaan Komputasi Kuantum Oxford Umumkan Pendanaan Senilai $100 Juta oleh SBI Jepang

Kabar gembira datang dari dunia teknologi kuantum, di mana Oxford Quantum Circuits (OQC), sebuah perusahaan spinout dari Universitas Oxford, baru-baru ini mengumumkan peluncuran platform komputasi kuantum yang siap digunakan oleh perusahaan.

Platform yang diberi nama Toshiko ini memiliki 32 qubit dan didukung oleh pendanaan Seri B sebesar $100 juta yang dipimpin oleh SBI Group dari Jepang. Inovasi ini diharapkan akan membawa revolusi dalam pengolahan data dan mempercepat pencapaian keunggulan kuantum.

Toshiko: Platform Kuantum Siap Pakai

oxford quantum circuits kumpulkan dana
Sumber: X

OQC memperkenalkan Toshiko sebagai platform komputasi kuantum pertama di dunia yang siap untuk digunakan oleh perusahaan. Dengan 32 qubit, Toshiko menjanjikan performa yang mampu menangani kebutuhan data skala besar.

OQC telah berhasil mengeluarkan teknologi ini dari laboratorium dan menempatkannya di pusat data colocation, dengan beberapa unit Toshiko yang siap melayani kebutuhan data perusahaan. Dalam upaya memperjelas keunikan layanannya, OQC telah merilis sebuah whitepaper yang dapat diakses oleh publik.

Baca juga: Kolaborasi SBI Holdings x Circle: Meningkatkan Sirkulasi USDC dan Layanan Web3 di Jepang!

Whitepaper tersebut menjelaskan secara detail tentang apa yang membuat Toshiko berbeda dari platform lainnya. OQC berkolaborasi dengan Equinix, Nvidia, Amazon Web Service, dan McKinsey untuk mengkomersialkan teknologi kuantum dan mendekatkan dunia pada era keunggulan kuantum.

Investasi Besar untuk Masa Depan Kuantum

Pendanaan Seri B yang berhasil dikumpulkan OQC mencapai angka yang fantastis, yaitu $100 juta, dengan SBI Investments dari Jepang sebagai pemimpin putaran investasi ini. Pendanaan ini juga didukung oleh Oxford Science Enterprises (OSE), University of Tokyo Edge Capital Partners (UTEC), Lansdowne Partners, dan OTIF.

Dana ini akan digunakan untuk pengembangan lebih lanjut dan komersialisasi teknologi kuantum OQC. Sebelumnya, OQC telah mengumpulkan dana sekitar $43 juta dalam pendanaan Seri A.

Baik pendanaan Seri A maupun Seri B merupakan putaran pendanaan startup komputasi kuantum terbesar dalam sejarah Inggris. Hal ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap potensi besar yang dimiliki oleh teknologi kuantum dan OQC.

Dengan peluncuran Toshiko dan pendanaan yang signifikan, OQC menegaskan posisinya sebagai pemimpin dalam industri komputasi kuantum. Langkah ini tidak hanya membuka jalan bagi perusahaan untuk memanfaatkan keunggulan kuantum, tetapi juga menandai era baru dalam pengolahan data yang lebih cepat dan efisien.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: