Heboh! Koleksi NFT Bertema Vitalik Buterin Picu Lonjakan Biaya Gas Ethereum

author:

Heboh! Koleksi NFT Bertema Vitalik Buterin Picu Lonjakan Biaya Gas Ethereum

Koleksi NFT yang terinspirasi oleh Vitalik Buterin, sang ikon blockchain Ethereum, baru-baru ini mencuri perhatian dengan memicu lonjakan tajam pada biaya gas Ethereum. Fenomena ini terjadi ketika koleksi yang diberi nama Buterin Cards ini mendadak menjadi konsumen gas terbesar di jaringan Ethereum, bahkan melampaui platform terkenal seperti Uniswap.

Lonjakan Biaya Gas Ethereum

Koleksi Buterin Cards, yang menghormati Vitalik Buterin, telah menyebabkan lonjakan biaya gas di jaringan Ethereum. Dalam waktu tiga jam, proyek ini menggunakan 13,1% dari total unit gas, menempatkannya di posisi teratas pengguna gas, bahkan melampaui Uniswap dan alamat publik Tether.

Baca juga: Ethereum Cetak Sejarah, Pemakaian Energi Turun Drastis hingga 99%!

Akibatnya, biaya transaksi yang dipicu mencapai 318,31 ETH atau sekitar $665,670 dalam 24 jam terakhir. Biaya gas yang melonjak ini tidak bertahan lama, seiring dengan penurunan penggunaan gas yang kembali ke posisi di bawah Uniswap, menurut data dari Etherscan.

biaya gas ethereum melonjak
Sumber: Etherscan

Namun, kejadian ini menunjukkan betapa signifikannya dampak yang dapat ditimbulkan oleh proyek NFT terhadap ekosistem Ethereum. Pengguna jaringan harus membayar lebih untuk transaksi mereka selama periode lonjakan biaya gas ini.

Buterin Cards: Koleksi NFT Unik

Buterin Cards merupakan proyek NFT yang terdiri dari 2.015 NFT unik yang menggambarkan Vitalik Buterin. Uniknya, koleksi ini menyimpan data gambar secara langsung di blockchain Ethereum, bukan hanya metadata seperti NFT pada umumnya. Hal ini dikenal dengan istilah JPEG mining, di mana data gambar disimpan dan diakses langsung dari blockchain.

Proses JPEG mining ini memungkinkan para penambang untuk menerima kartu NFT dengan gambar Vitalik Buterin dalam berbagai tingkat kualitas sebagai hadiah. Koleksi ini telah memproses lebih dari 4.000 transaksi dengan total gas sebesar 318,63 ETH, atau sekitar $668,000, yang mewakili lebih dari 3% dari total gas dalam 24 jam terakhir. Ini menunjukkan betapa besarnya minat dan aktivitas yang dihasilkan oleh koleksi NFT ini.

Baca juga: Terobosan Baru di Dunia Crypto: Bioniq, Marketplace NFT Bitcoin Cepat dan Hemat Biaya!

Implikasi bagi Pengguna Ethereum

jpmorgan ethereum

Lonjakan biaya gas yang disebabkan oleh Buterin Cards memberikan pelajaran penting bagi pengguna Ethereum. Mereka harus selalu waspada terhadap potensi lonjakan biaya yang bisa terjadi sewaktu-waktu, terutama saat proyek-proyek besar diluncurkan. Ini juga menyoroti pentingnya skalabilitas dan solusi biaya gas yang lebih rendah untuk masa depan Ethereum.

Pengguna dan pengembang harus bekerja sama untuk menemukan solusi yang dapat mengurangi dampak dari lonjakan biaya gas. Dengan demikian, jaringan Ethereum dapat terus berkembang tanpa mengorbankan keterjangkauan dan aksesibilitas bagi penggunanya.

Koleksi Buterin Cards mungkin telah menyebabkan kegemparan sementara, tetapi juga membuka diskusi tentang bagaimana kita dapat mengoptimalkan penggunaan blockchain untuk masa depan.

Secara keseluruhan, koleksi NFT Buterin Cards telah memberikan contoh nyata tentang bagaimana sebuah proyek dapat mempengaruhi ekosistem crypto secara keseluruhan. Meskipun lonjakan biaya gas telah mereda, kejadian ini tetap menjadi topik hangat di kalangan pengguna Ethereum dan menunjukkan pentingnya inovasi berkelanjutan dalam teknologi blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: