YouTuber Kitboga dan Kraken Bersatu Melawan Operasi Penipuan Crypto di Call Center!

YouTuber Kitboga dan Kraken Bersatu Melawan Operasi Penipuan Crypto di Call Center!

YouTuber dan streamer terkenal, Kitboga, baru-baru ini berkolaborasi dengan Kraken, salah satu bursa cryptocurrency terbesar, untuk membongkar operasi penipuan cryptocurrency yang dijalankan oleh sebuah call center.

Dalam video yang diposting di channel YouTube-nya, Kitboga menjelaskan bagaimana dia bekerja sama dengan Kraken untuk menangkap para penipu dan menghancurkan operasi mereka. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Penipuan Call Center Sasar Pengguna Exchange Crypto

Penipuan melalui call center merupakan salah satu skema penipuan digital tertua. Namun, metode ini terus berkembang seiring berjalannya waktu dan tetap menjadi cara populer bagi penjahat untuk menipu korban mereka.

Dalam episode terbaru dari seri YouTube-nya, Kitboga membongkar operasi kriminal yang menggunakan metode peringatan keamanan untuk merampok rekening bank korban dan mencuri cryptocurrency mereka.

Menurut laporan dari Federal Trade Commission, penipuan semacam ini seringkali melibatkan pelaku yang berpura-pura menjadi perusahaan baru atau yang sudah mapan yang menawarkan koin atau token crypto palsu.

Baca Juga: CEO Baru Youtube Bullish Web3 dan Metaverse, Ternyata Ini Alasannya!

Kraken Bantu Jebak Operator Penipuan Crypto

kraken jebak penipu crypto
Penipu mencoba menarik Bitcoin dari akun. Sumber: YouTube

Sebelum menghubungi call center penipuan, Kraken membantu Kitboga untuk membuat akun palsu yang tampak bagi hacker seolah-olah berisi sejumlah besar Bitcoin. Para penipu mencoba untuk menguras semua dana dari akun tersebut, namun setiap permintaan penarikan gagal karena akun tersebut dirancang khusus untuk menjebak aktor jahat seperti mereka.

Teknik ini mirip dengan yang digunakan dalam operasi penangkapan penipuan lainnya, di mana penegak hukum atau peneliti keamanan akan membuat akun atau sistem yang tampak menarik bagi penjahat, tetapi sebenarnya dirancang untuk memantau dan melacak aktivitas mereka.

Baca Juga: Kraken Luncurkan Marketplace NFT, Dukung 250 Koleksi NFT dan Bermitra dengan F1!

Pencuri Crypto Beradaptasi dengan Perkembangan Zaman

Kolaborasi terbaru antara Kraken dan Kitboga menyoroti bagaimana penjahat telah menyesuaikan taktik mereka dengan tren kepemilikan crypto. Bahkan, pemilik crypto adalah salah satu korban yang paling mungkin terkena penipuan online.

Kasus Kraken ini juga menunjukkan bagaimana penjahat menggunakan teknik social engineering untuk memanipulasi target mereka. Menurut laporan dari TechTarget, beberapa penipuan crypto terbaru melibatkan skema Ponzi, phishing, dan “rug pulls”, di mana para penipu menjual sejumlah besar token segera setelah harganya naik, menyebabkan harganya jatuh dan merugikan investor lainnya.

Kerja sama antara YouTuber Kitboga dan Kraken ini menunjukkan bagaimana komunitas crypto berusaha keras untuk melawan penipuan dan melindungi pengguna. Dengan pengetahuan dan alat yang tepat, kita dapat melawan penjahat cyber dan membuat industri crypto menjadi tempat yang lebih aman untuk semua orang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: