Wormhole dan Circle Berkolaborasi untuk Memudahkan Transfer USDC di 4 Blockchain

author:

Wormhole dan Circle Berkolaborasi untuk Memudahkan Transfer USDC di 4 Blockchain

Dalam dunia cryptocurrency yang terus berkembang, Wormhole dan Circle telah mengumumkan kolaborasi yang akan mengubah cara kita mentransfer USDC di berbagai blockchain. Dengan integrasi Circle’s Cross-Chain Transfer Protocol (CCTP) ke dalam Wormhole, transfer USDC kini menjadi lebih sederhana dan efisien di antara Ethereum, Avalanche, Arbitrum, dan Optimism.

Kolaborasi Wormhole dan Circle: Mengatasi Kendala Transfer USDC

kolaborasi wormhole dan circle
Sumber: Circle Blog

Sebelumnya, mentransfer USDC antar jaringan ini memerlukan langkah-langkah yang rumit, yang seringkali membingungkan pengguna. Selain itu, adanya versi USDC yang berbeda di setiap jaringan menambah kompleksitas.

Baca juga: Circle Luncurkan Stablecoin USDC di NEAR Protocol, Apa Dampaknya Bagi Ekosistem?

Namun, dengan diperkenalkannya Circle’s Cross-Chain Transfer Protocol (CCTP), pengguna kini dapat dengan mudah mentransfer USDC antar jaringan melalui Wormhole. Hal ini menghilangkan kebingungan bagi pengguna dan pengembang.

Ketika USDC pertama kali diluncurkan, hanya tersedia di Ethereum. Namun, dengan perkembangan teknologi, USDC telah diperluas ke jaringan lain. CCTP diciptakan untuk mengatasi masalah transfer ini, memungkinkan pengguna untuk “membakar” USDC di satu jaringan dan “mencetak” di jaringan lain tanpa memerlukan akun khusus.

Manfaat Integrasi CCTP ke dalam Wormhole

Dengan integrasi CCTP ke dalam Wormhole, pengguna dapat mentransfer USDC asli antar jaringan yang didukung CCTP untuk pertama kalinya. Jaringan-jaringan ini saat ini mencakup Ethereum, Optimism, Avalanche, dan Arbitrum.

Tim Wormhole mengklaim bahwa integrasi baru ini akan mengurangi masalah likuiditas dan kebingungan pengguna. Dengan adanya CCTP, akan ada USDC lintas jaringan asli yang dapat dibakar dan dicetak di seluruh jaringan yang terhubung.

Wormhole bukan satu-satunya jembatan yang telah mengimplementasikan atau berniat untuk mengintegrasikan dengan CCTP. Beberapa jembatan lain seperti Wanchan juga menawarkan fitur serupa, dan menurut pengumuman Circle, beberapa jaringan lain seperti Celer, Hyperlane, dan LI.FI juga berencana untuk mengimplementasikannya.

Baca juga: Revolusi Pembayaran Digital, PayPal Luncurkan Stablecoin PYUSD di Venmo!

Langkah Besar Menuju Kemudahan Penggunaan USDC

Kemitraan antara Wormhole dan Circle serta pengenalan CCTP merupakan langkah signifikan menuju penyederhanaan dan peningkatan kemudahan penggunaan USDC di berbagai blockchain.

Dengan mengurangi kompleksitas dan mempromosikan pengalaman yang lebih ramah pengguna, komunitas cryptocurrency diharapkan dapat memanfaatkan USDC dengan lebih efisien dan efektif.

Kolaborasi ini menunjukkan komitmen kedua entitas dalam meningkatkan ekosistem cryptocurrency, memastikan bahwa pengguna dapat mentransfer aset digital mereka dengan mudah dan aman di berbagai jaringan.

Pada akhirnya, dengan terobosan ini, masa depan transfer USDC tampaknya akan lebih cerah dan efisien. Kolaborasi antara Wormhole dan Circle menandai era baru dalam transfer mata uang digital, memastikan bahwa pengguna memiliki pengalaman yang lebih mulus dan tanpa hambatan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: