Kemitraan Inovatif: Vodafone dan Microsoft Melakukan Investasi Besar dalam AI dan IoT

Kemitraan Inovatif: Vodafone dan Microsoft Melakukan Investasi Besar dalam AI dan IoT

Bersiaplah untuk menyaksikan gelombang baru inovasi digital yang akan merevolusi interaksi kita dengan teknologi. Vodafone bersama Microsoft telah mengumumkan kolaborasi strategis jangka panjang yang bernilai investasi sebesar $1,5 miliar. Aliansi ini bertujuan untuk mempercepat proses transformasi digital dan mengangkat pengalaman pengguna ke tingkat yang lebih tinggi melalui pemanfaatan teknologi AI generatif, IoT, dan layanan berbasis cloud. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Kolaborasi Strategis antara Vodafone dan Microsoft

Dengan komitmen yang kuat, Vodafone berambisi untuk membawa benua Eropa dan Afrika memasuki era digital yang canggih melalui investasi signifikan ini. CEO Grup Vodafone, Margherita Della Valle, mengungkapkan bahwa kerja sama dengan Microsoft akan mempercepat transformasi digital bagi pelanggan korporat, dengan fokus khusus pada UKM.

Melalui pengembangan AI generatif, konektivitas IoT yang terkelola, dan layanan keuangan digital, Vodafone bertujuan untuk meningkatkan standar layanan bagi konsumennya. CEO Microsoft, Satya Nadella, menekankan bahwa era baru AI akan membuka kemungkinan yang luas bagi setiap organisasi dan sektor industri di dunia.

Microsoft berencana untuk mengintegrasikan teknologi cloud dan AI terkini untuk memperkaya pengalaman pengguna serta menciptakan produk dan layanan inovatif. Kolaborasi ini juga diharapkan dapat mempercepat transisi Vodafone ke infrastruktur berbasis cloud.

Baca Juga: Microsoft Luncurkan ‘Microsoft Copilot’ yang Didukung AI: Fitur Baru Windows 11, Gratis Akses!

Transformasi Pengalaman Pelanggan dan Inovasi IoT

partnership vodafone dan microsoft
Sumber: VOI

Vodafone berencana untuk memanfaatkan AI generatif dari Microsoft Azure OpenAI untuk menyajikan pengalaman yang lancar, responsif, dan personal kepada pelanggan di setiap interaksi.

Selain itu, karyawan Vodafone akan menggunakan Microsoft Copilot untuk mengubah cara kerja, meningkatkan produktivitas, dan efisiensi digital. Ini merupakan langkah maju yang signifikan bagi Vodafone dalam menyediakan layanan yang lebih intuitif dan tanggap.

Di sisi lain, Microsoft akan menginvestasikan sumber daya dalam platform konektivitas IoT yang dikelola oleh Vodafone, yang rencananya akan menjadi entitas bisnis independen pada April 2024.

Inisiatif ini diharapkan dapat menarik mitra dan pelanggan baru, mendorong pertumbuhan, dan memperluas jangkauan platform untuk meliputi lebih banyak perangkat, kendaraan, dan mesin.

Baca Juga: Microsoft Siap Meluncurkan Chip AI Pertama untuk Mengatasi Krisis GPU!

Percepatan Layanan Cloud dan Keuangan Digital

Vodafone berencana untuk memodernisasi pusat data globalnya dengan bantuan Microsoft Azure, yang akan meningkatkan kecepatan respons, mengurangi biaya operasional, dan mendukung tujuan bisnis yang berkelanjutan.

Vodafone juga akan memperluas penggunaan layanan Microsoft, termasuk solusi keamanan dan penawaran kerja modern seperti Microsoft Teams Phone Mobile, untuk memperkuat posisinya di pasar Eropa.

Microsoft akan berperan dalam mengembangkan M-Pesa, sebuah platform teknologi finansial di Afrika, dengan memindahkannya ke Azure dan memfasilitasi pengembangan aplikasi baru yang berbasis cloud.

Program yang berorientasi pada tujuan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital, keterampilan, dan program pendidikan untuk pemuda, dengan target mencapai 100 juta konsumen dan 1 juta UKM di Afrika.

Kesimpulan

Kemitraan antara Vodafone dan Microsoft merupakan tonggak penting dalam evolusi layanan digital, dengan fokus pada AI yang bertanggung jawab, konektivitas IoT, dan layanan keuangan yang inovatif. Inisiatif ini tidak hanya berfokus pada aspek teknologi, tetapi juga pada bagaimana teknologi dapat meningkatkan kualitas hidup dan bisnis di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi