UNESCO dan Belanda Berkolaborasi dalam Proyek Pengawasan AI!

UNESCO dan Belanda Berkolaborasi dalam Proyek Pengawasan AI!

Baru-baru ini, Pemerintah Belanda dan UNESCO, Organisasi Pendidikan, Ilmiah, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa, telah memulai proyek pengawasan kecerdasan buatan (AI) yang inovatif. Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengembangkan kerangka kerja etis untuk pengawasan AI di seluruh Uni Eropa. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Proyek Pengawasan AI: Kerjasama antara UNESCO dan Belanda

kerjasama unesco dan belanda
Sumber: VOI

Pada tanggal 5 Oktober, Otoritas Infrastruktur Digital Belanda dan UNESCO secara resmi memulai proyek yang dikenal sebagai “Pengawasan AI oleh Otoritas yang Berkompeten”. Proyek ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang bagaimana negara-negara Eropa mengawasi AI.

Proyek ini mendapatkan dukungan finansial dari Instrumen Dukungan Teknis Komisi Eropa, dan informasi yang dikumpulkan akan digunakan untuk membuat daftar rekomendasi “praktik terbaik”.

Gabriela Ramos, asisten direktur jenderal untuk ilmu sosial dan manusia di UNESCO, menegaskan bahwa diskusi ini bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang masyarakat. Informasi yang dikumpulkan akan digunakan untuk merancang sesi pelatihan masa depan untuk meningkatkan “kapasitas institusional” dalam topik ini.

Baca Juga: Meta Luncurkan Fitur AI Generatif yang Mengubah Dunia Periklanan!

Langkah-langkah Khusus dalam Proyek

UNESCO akan membuat laporan lengkap tentang kondisi dan praktik pengawasan AI di Eropa dan di luar. UNESCO juga akan membuat serangkaian studi kasus tentang pengawasan AI, menghasilkan serangkaian praktik terbaik untuk menangani kasus dan isu spesifik tentang pengawasan AI, dan mengadakan sesi pelatihan untuk meningkatkan kapasitas institusional.

Otoritas Infrastruktur Digital Belanda akan membantu UNESCO dalam berhubungan dengan otoritas yang berkompeten dari negara-negara anggota Uni Eropa lainnya, memberikan umpan balik kepada UNESCO tentang output analitis yang sedang dikembangkan, dan membantu UNESCO dalam mengorganisir pertemuan, lokakarya, dan acara lainnya dalam lingkup proyek ini.

Baca Juga: Canva Luncurkan Magic Studio, Alat AI Canggih yang Mengubah Dunia Desain!

Dampak Lebih Luas dari Proyek

dampak proyek ai
Sumber: Projectwale

Proyek ini akan memungkinkan Otoritas yang Berkompeten di seluruh Uni Eropa untuk membangun kapasitas dan kompetensi yang diperlukan untuk memastikan kepatuhan sistem AI dengan persyaratan yang akan ditetapkan oleh Undang-Undang AI Uni Eropa.

Pengalaman ini juga akan memperkaya kerja UNESCO dengan semua Negara Anggota dengan membantu mengembangkan acuan untuk kesiapan institusional dan kerangka kerja untuk penyebaran AI yang lebih kuat, lebih aman, dan lebih etis.

Melalui proyek ini, UNESCO dan Belanda berharap dapat membantu menciptakan masa depan di mana AI diawasi dengan etis dan efektif, demi kesejahteraan masyarakat di seluruh Uni Eropa dan di luar.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: