Taiwan dan El Salvador Bersatu Tingkatkan Regulasi Crypto, Apa Dampaknya Bagi Industri Crypto Global?

Taiwan dan El Salvador Bersatu Tingkatkan Regulasi Crypto, Apa Dampaknya Bagi Industri Crypto Global?

Taiwan, melalui Asosiasi Crypto Taiwan, telah memulai dialog dengan otoritas El Salvador, termasuk Bank Sentral, Biro Aset Virtual, dan Istana Presiden, untuk meningkatkan regulasi crypto. Kolaborasi ini menekankan pentingnya regulasi yang lebih ketat di tengah pertumbuhan industri crypto yang pesat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pembentukan Biro Aset Virtual

biro aset virtual
Sumber: Akun Twitter Wu Blockchain

Dalam upaya meningkatkan kapasitas pengawasan, kedua negara berkomunikasi untuk mendirikan Biro Aset Virtual. Biro ini bertujuan untuk mengawasi perdagangan crypto dan meningkatkan perlindungan konsumen.

Proposal pembentukan Biro Aset Virtual dibahas dalam sidang publik yang diorganisir oleh legislator Taiwan, Kuo Kuo-wen. Sidang ini menyoroti potensi pembentukan “Biro Teknologi Keuangan” khusus untuk pengawasan industri kripto.

Perwakilan dari bursa crypto ternama, Binance dan Bitfinex, turut hadir dalam sidang tersebut, menunjukkan pentingnya diskusi ini bagi industri.

Baca Juga: Taiwan Siap Jadi Pusat Crypto Global dengan Bantuan 2 Perusahaan Ini!

Pandangan Regulator Taiwan terhadap Regulasi Crypto

regulasi crypto taiwan
Sumber: Coinwire

Komisi Pengawas Keuangan Taiwan (FSC) berencana untuk merilis pedoman penyedia layanan aset virtual (VASP) pada akhir bulan ini. FSC akan mengawasi mata uang virtual, menetapkan prinsip regulasi untuk melawan pencucian uang, dan memastikan kepatuhan di antara bursa dan perusahaan crypto.

Meskipun ada larangan perdagangan dan penambangan crypto di daratan Tiongkok, Taiwan aktif mengembangkan langkah-langkah regulasi untuk memperkuat pengawasan sektor crypto.

Sidang publik menekankan kebutuhan mendesak untuk prinsip panduan praktis, regulasi yang lebih luas, kebijakan pembangunan industri yang didukung pemerintah, dan kemajuan menuju peraturan khusus di lanskap crypto Taiwan yang terus berkembang.

Baca Juga: El Salvador Menarik Rekor Jumlah Turis, Ubah Citra Jadi Negara Bitcoin?

    Pandangan Industri terhadap Regulasi Crypto

    Chen Minghui, COO Maicoin, menyerukan penerapan “hukum khusus” dan pendekatan regulasi berjenjang, mengutip potensi tantangan operasional. Sementara itu, He Xuanrong dari Binance menekankan pentingnya pelatihan karyawan yang transparan.

    Huang Xihe dari Komisi Pengawas Keuangan menyoroti pembentukan yang segera dari Asosiasi Bisnis Mata Uang Virtual.

    Selain itu, Huang Xihe juga menekankan regulasi otonom, meninggalkan rincian kepada asosiasi industri, dan membahas pengelolaan stablecoin serta pertimbangan iklan.

    Kolaborasi antara Taiwan dan El Salvador dalam meningkatkan regulasi crypto menunjukkan keseriusan kedua negara dalam memastikan pertumbuhan industri crypto yang berkelanjutan dan aman. Dengan regulasi yang lebih ketat, diharapkan industri crypto dapat berkembang dengan lebih stabil dan terlindungi.

    Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

    *Disclaimer

    Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

      Referensi: