Stellar Bergabung dengan Bytecode Alliance, Masa Depan Blockchain dengan WebAssembly!

Stellar Bergabung dengan Bytecode Alliance, Masa Depan Blockchain dengan WebAssembly!

Stellar Development Foundation (SDF) kini resmi menjadi bagian dari Bytecode Alliance, sebuah kelompok industri yang mendukung pengembangan WebAssembly (Wasm). Langkah ini menandai komitmen Stellar untuk memajukan teknologi blockchain melalui Wasm. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Mengapa Stellar Memilih WebAssembly?

stellar pilih webassembly
Sumber: Akun Twitter Stellar

Salah satu keputusan awal saat membangun Soroban, platform smart contract Stellar, adalah memilih platform untuk dijalankannya. Pilihan jatuh pada WebAssembly (Wasm) pada April 2022 karena menawarkan lingkungan eksekusi yang kuat untuk smart contract dan ekosistem yang berkembang pesat.

Meskipun Ethereum Virtual Machine (EVM) populer, Stellar berpendapat bahwa model penyimpanan dan eksekusi EVM sulit untuk diparalelkan, yang menghambat skalabilitas. Oleh karena itu, Wasm dipilih sebagai mesin komputasi mereka.

Baca Juga: Prediksi Harga Stellar 2023, 2025, 2030: Masuk Tren Bullish, Bakal Meroket 770%?

Apa Itu Bytecode Alliance?

bytecode alliance
Sumber: Fermyon

Bytecode Alliance adalah organisasi nirlaba yang terdiri dari pemimpin industri, akademisi, dan pengembang yang berfokus pada pengembangan teknologi WebAssembly. Misi mereka adalah menyediakan lingkungan runtime yang aman dan dapat disesuaikan untuk berbagai aplikasi, termasuk di ruang blockchain.

Dengan bergabung dengan aliansi ini, Stellar dapat berkontribusi dalam pembahasan, kolaborasi, dan proses pengambilan keputusan. Tujuan utama mereka bukan hanya mewakili Stellar, tetapi juga mendorong kepentingan seluruh komunitas blockchain.

Baca Juga: Stellar dan MoneyGram: Kolaborasi Masa Depan Fintech!

Dampak Bergabung dengan Bytecode Alliance

Keputusan SDF untuk bergabung dengan Bytecode Alliance menandai langkah penting dalam evolusi aplikasi blockchain. Dengan bergabung, Stellar dapat mempengaruhi standar dan perkakas dalam komunitas pengembangan Wasm.

Selain itu, partisipasi Stellar dalam organisasi ini akan membantu aliansi mendukung kebutuhan pengembang Web3 dan blockchain, memastikan bahwa aliansi mempertimbangkan kebutuhan unik dari kasus penggunaan blockchain dan non-web.

Dengan bergabungnya Stellar dengan Bytecode Alliance, masa depan teknologi blockchain tampak semakin cerah dengan dukungan dari WebAssembly. Langkah ini menunjukkan komitmen Stellar untuk memajukan inovasi dalam industri blockchain.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: