Gucci dan Christie’s Kolaborasi dalam Lelang Seni NFT, Gabungan Mode dan Seni Generatif AI!

Gucci dan Christie’s Kolaborasi dalam Lelang Seni NFT, Gabungan Mode dan Seni Generatif AI!

Merek mode mewah Gucci berkolaborasi dengan rumah lelang terkenal Christie’s dalam proyek “Future Frequencies, Explorations in Generative Art and Fashion”. Proyek ini menampilkan karya dari para talenta terkemuka di ruang seni digital.

Koleksi ini terdiri dari 21 karya seni NFT yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) atau teknik generatif lainnya untuk menciptakan interpretasi yang dinamis dari elemen desain Gucci klasik. Seperti apa kolaborasi mereka? Simak berita lengkapnya berikut ini!

Menggabungkan Mode dan Seni Generatif AI

kolaborasi gucci dan christie's
Sumber: Akun Twitter Gucci

Dilansir dari Decypt, kolaborasi ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi baru, alat, dan keterampilan mungkin mempengaruhi masa depan mode.

Para seniman diberi opsi untuk memanfaatkan hak kekayaan intelektual Gucci, dengan hasil yang mencakup tekstil generatif hingga interpretasi algoritmik dari tas Gucci Bamboo yang pertama kali dibuat pada tahun 1947.

Karya-karya ini mencakup elemen digital dan fisik, memberikan gambaran baru tentang bagaimana teknologi dapat memperluas kreativitas melalui interseksi seni, mode, dan teknologi.

Baca Juga: Gucci Gandeng Perusahaan Dibalik BAYC untuk Perluas Pengalaman Metaverse

Karya Seni NFT yang Menginspirasi

nft shinjitai
Gambar “Shinjitai” karya Claire Silver dan Emi Kusano. Gambar: Christie’s

Beberapa karya dalam koleksi ini lebih mengingatkan pada seni digital, sementara yang lain merujuk langsung pada mode dan keindahan.

Misalnya, “Shinjitai” oleh Claire Silver dan Emi Kusano telah dibentuk secara digital menggunakan AI, menggabungkan matematika tingkat lanjut dengan estetika lukisan dan tapestry kuno.

Selain karya seni digital itu sendiri, lot ini juga mencakup file 3D mentah, yang memberikan pembeli kemungkinan untuk mencetaknya dalam 3D, menampilkannya di metaverse, dan bahkan menyesuaikannya dengan avatar.

Baca Juga: Sediakan Game Seru, Gucci dan Vans Berkolaborasi dalam Roblox

Lelang NFT dan Masa Depan Mode

Lelang ini dirancang untuk menantang prakonsepsi tentang teknologi, termasuk “cara kita berpikir tentang menggunakan algoritma dan data untuk memajukan kreativitas manusia di berbagai bidang.”

Lelang ini akan berlangsung dari 18 Juli – 25 Juli 2023 di platform lelang Christie’s 3.0 yang sepenuhnya berbasis blockchain. Karya-karya yang ditawarkan juga akan dipamerkan di Gucci Art Space, galeri online milik merek Italia tersebut.

Kolaborasi antara Gucci dan Christie’s ini menunjukkan bagaimana teknologi generatif AI dapat digunakan untuk membentuk masa depan mode dan seni. Dengan menggabungkan mode dan seni dalam bentuk NFT, Gucci dan Christie’s membuka peluang baru dalam dunia mode dan seni, sekaligus menunjukkan potensi teknologi generatif AI dalam menciptakan karya seni yang inovatif dan menarik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca

Referensi: