Dfinity dan SingularityNET Berkolaborasi untuk Memperbaiki Infrastruktur AI di Blockchain

author:

Dfinity dan SingularityNET Berkolaborasi untuk Memperbaiki Infrastruktur AI di Blockchain

Dalam dunia yang semakin digital, dua raksasa teknologi, Dfinity dan SingularityNET, berkolaborasi untuk membawa revolusi dalam dunia AI dan blockchain. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperbaiki infrastruktur AI yang terdesentralisasi dan memungkinkan aplikasi terdesentralisasi (DApps) di blockchain Internet Computer (ICP) untuk mengakses model bahasa besar (LLMs).

Integrasi Blockchain dan AI

kolaborasi singularitynet dan dfinity
Sumber: Twitter

Berdasarkan sebuah cuitan pada 20 November 2023, Dfinity Foundation, perusahaan penelitian dan pengembangan, telah bermitra dengan SingularityNET, perusahaan blockchain yang berfokus pada AI, untuk menciptakan terobosan dalam dunia AI dan blockchain. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengatasi kurangnya transparansi dalam data pelatihan alat AI karena sifatnya yang terpusat.

Dengan mendesentralisasi model AI, kedua perusahaan percaya bahwa model tersebut akan menjadi tahan terhadap manipulasi dan transparan. Melalui kolaborasi ini, pengembang blockchain yang ingin terhubung dengan AI dapat menggunakan jaringan ICP.

Model AI terdesentralisasi di ICP dijalankan dalam smart contract, yang membuat parameter pelatihan LLMs tahan terhadap manipulasi dan open source.

Baca juga: SingularityNET dan VeChain Berkolaborasi untuk Kurangi Emisi Karbon dengan AI dan Blockchain

Ben Goertzel, CEO SingularityNET, menyoroti bahwa banyak ahli yang percaya bahwa AI akan segera menerobos masuk ke dalam kecerdasan umum buatan (artificial general intelligence/AGI) setingkat manusia dalam beberapa tahun ke depan. Dia menjelaskan:

“Mengingat konteks ini, sangat penting bagi kita untuk bergerak cepat untuk membuat sistem AI tercanggih di planet ini tersedia melalui jaringan yang terdesentralisasi, tidak dimiliki atau dikendalikan oleh kelompok elit, perusahaan teknologi besar, atau lembaga pemerintah.”

Program Hibah dan Masa Depan AI Terdesentralisasi

Selain integrasi blockchain, kedua perusahaan juga akan menghubungkan program hibah mereka. Tujuan dari penggabungan ini adalah untuk “merangsang keterlibatan pengembang komunitas” dan menyediakan sumber daya yang dapat digunakan untuk memajukan AI terdesentralisasi.

Dominic Williams, pendiri Dfinity Foundation, mengatakan bahwa telah terjadi peningkatan dalam proyek yang menggunakan AI di blockchain ICP sejak peluncuran hibah sebesar $5 juta pada Juli.

Menurut Williams, inisiatif dengan SingularityNET akan lebih memajukan visi mereka untuk AI terdesentralisasi.

Secara keseluruhan, kolaborasi antara Dfinity dan SingularityNET ini menandai langkah besar dalam memajukan teknologi AI dan blockchain. Dengan menggabungkan keahlian mereka, kedua perusahaan ini berharap dapat membawa perubahan positif dalam dunia digital dan membuka peluang baru bagi pengembang dan pengguna di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: