Chainlink dan Vodafone Berkolaborasi untuk Mengubah Wajah Perdagangan Global!

author:

Chainlink dan Vodafone Berkolaborasi untuk Mengubah Wajah Perdagangan Global!

Vodafone, melalui platform Digital Asset Broker (DAB) mereka, telah mengumumkan kerja sama yang mengesankan dengan Sumitomo Corporation dan Chainlink Labs. Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk mengatasi tantangan lama dalam ekosistem perdagangan global senilai $32 triliun, dengan fokus pada pertukaran dokumen perdagangan yang efisien melintasi berbagai platform dan blockchain.

Demonstrasi Inovasi Perdagangan

vodafone chainlink
Sumber: CMC Markets

Kolaborasi antara perusahaan-perusahaan ini telah memanfaatkan Protokol Interoperabilitas Lintas Rantai (CCIP) Chainlink dengan DAB untuk meningkatkan keamanan dan interoperabilitas di seluruh perangkat IoT di pinggiran jaringan. Ini menunjukkan potensi untuk menciptakan interface sederhana yang memungkinkan pertukaran data dan token dengan aman di jaringan blockchain publik dan pribadi serta jaringan IoT.

Baca juga: Ledger Hadirkan Alat Pemulihan Kunci Pribadi Berbasis Cloud, Begini Fungsinya!

Sebagai contoh, kapal yang mendeteksi kebakaran kargo dapat dengan otomatis mengirimkan data ke smart contract melalui platform DAB dan CCIP, yang berpotensi memicu proses asuransi kargo laut.

Konsep ini menyoroti potensi perangkat IoT yang diaktifkan oleh DAB dan blockchain untuk menyediakan data yang aman, dapat dipercaya, dan dapat dilacak untuk digunakan dalam smart contract serta aplikasi blockchain dan AI.

Masa Depan Dokumen Perdagangan

Dokumen perdagangan sering kali menjadi titik nyeri karena penanganan manual yang berulang-ulang di antara sistem kertas dan digital dengan interoperabilitas rendah. Dengan mengintegrasikan DAB dengan CCIP Chainlink, Vodafone berencana menawarkan interface terintegrasi untuk transfer data, pemicu eksekusi smart contract, dan memungkinkan pergerakan token.

Pada konferensi SmartCon 2023 di Barcelona, perusahaan-perusahaan ini mendemonstrasikan langkah pertama dalam bagaimana perusahaan perdagangan dapat menghindari keterlambatan yang tidak perlu dalam memindahkan kargo dengan mentransfer surat muatan digital dengan mulus antara beberapa pihak di beberapa blockchain berbeda.

Jorge Bento, CEO Vodafone DAB, menekankan bagaimana Vodafone DAB dan Chainlink dapat mengatasi ketidaksesuaian ini dengan menjembatani pasar tradisional dengan platform desentralisasi canggih.

Baca juga: Harga Chainlink Melonjak 44% dalam 1 Minggu, Begini Hasil Analisis LINK!

kolaborasi vodafone dan chainlink
Sumber: Twitter

Vodafone DAB telah berkolaborasi dengan Chainlink Labs, perusahaan layanan perangkat lunak dan pengembang utama dari platform komputasi desentralisasi Chainlink. Platform Chainlink didukung oleh jaringan oracle desentralisasi yang dirancang untuk menghubungkan kontrak pintar di blockchain dengan peristiwa dan data ‘off-chain’ di dunia nyata.

Dengan menjadi operator node Jaringan Chainlink, Vodafone DAB memainkan peran penting dalam membantu perusahaan dan bisnis mengembangkan dan menerapkan kontrak pintar dengan mengamankan dan mempermudah pertukaran data dan komputasi.

Thomas Trepanier, Kepala Pasar Modal, Chainlink Labs, menekankan bagaimana onboarding penyedia infrastruktur kelas dunia seperti Vodafone DAB ke ekosistem operator node Jaringan Chainlink membantu membawa data dan komputasi off-chain yang lebih aman ke Jaringan Chainlink untuk mendukung ekonomi blockchain yang lebih luas.

Dengan teknologi blockchain yang terus berkembang dan potensi aplikasinya yang semakin luas, kolaborasi antara Vodafone, Sumitomo, dan Chainlink menunjukkan langkah maju yang signifikan dalam mengoptimalkan dan memodernisasi ekosistem perdagangan global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: