Kolaborasi Chainlink dan Circle Buka Era Baru Transfer Stablecoin Lintas Rantai!

author:

Kolaborasi Chainlink dan Circle Buka Era Baru Transfer Stablecoin Lintas Rantai!

Chainlink baru-baru ini mengumumkan kolaborasi strategisnya dengan Circle, mengintegrasikan Protokol Transfer Lintas Rantai (CCTP) Circle ke dalam Protokol Interoperabilitas Lintas Rantai (CCIP) Chainlink. Langkah ini menandai langkah penting dalam memperluas kemudahan transfer stablecoin USDC lintas berbagai jaringan blockchain.

Meningkatkan Utilitas Stablecoin Melalui Interoperabilitas

kolaborasi chainlink dan circle
Sumber: Coincu

Integrasi ini berfokus pada penggunaan USDC, stablecoin populer, di berbagai platform blockchain. Akibatnya, ini membuka jalan baru dalam pembayaran dan keuangan terdesentralisasi (DeFi).

Baca juga: CEO Circle (USDC) Mengharapkan AS Sahkan Undang-undang Stablecoin di 2024

Sergey Nazarov, salah satu pendiri Chainlink, menyatakan antusiasmenya tentang kolaborasi ini. Dia menyoroti pentingnya infrastruktur keamanan yang kuat dan berlapis dalam CCIP, yang sangat dihargai oleh pengembang yang bekerja dengan USDC.

Meskipun memiliki akronim yang serupa, CCIP Chainlink dan CCTP Circle melayani peran yang berbeda namun saling melengkapi. CCIP Chainlink menyediakan kerangka kerja umum untuk pesan lintas rantai, memungkinkan pengembang untuk mentransfer data dan aset lintas berbagai blockchain. Sistem ini memanfaatkan mekanisme kontrak pintar yang didukung oleh oracle Chainlink.

CCTP Circle: Jembatan Transfer Stablecoin Lintas Jaringan

Di sisi lain, CCTP Circle menawarkan protokol jembatan standar. Protokol ini memfasilitasi transfer USDC asli dengan membakar dan mencetak stablecoin antara jaringan yang didukung.

Saat ini, CCTP mendukung tujuh jaringan blockchain, termasuk Arbitrum, Avalanche, Base, Ethereum, Noble, OP Mainnet, dan Polygon PoS.

Integrasi dengan Chainlink menempatkan CCTP bersama protokol dan proyek jembatan lain yang berfokus pada interoperabilitas.

Integrasi sebelumnya termasuk Celer Network dan Li.Fi, serta Wormhole, menunjukkan penerimaan dan utilitas CCTP Circle yang berkembang di ekosistem crypto.

Baca juga: Ketika Whale Crypto Beraksi: Apakah Chainlink Akan Bangkit?

usdc native base

Keputusan Chainlink untuk menggabungkan CCTP Circle ke dalam infrastrukturnya bukan hanya peningkatan teknis tetapi juga langkah strategis. Ini melambangkan tren kolaborasi yang berkembang di sektor crypto untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan memperluas kasus penggunaan aset digital seperti USDC.

Selain itu, kemitraan ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan pengembang dan pengguna dalam kemampuan stablecoin untuk berfungsi dengan lancar lintas berbagai platform blockchain. Ini mewakili perpaduan harmonis antara keamanan, efisiensi, dan fleksibilitas, yang penting bagi lanskap mata uang digital yang berkembang.

Secara keseluruhan, kolaborasi antara Chainlink dan Circle melalui integrasi CCTP ke CCIP membuka babak baru dalam transfer stablecoin lintas rantai, meningkatkan kemungkinan dan kemudahan penggunaan USDC di berbagai jaringan blockchain. Ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam mendorong interoperabilitas dan inovasi di ruang crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: