Celestia Berkolaborasi dengan Polygon CDK untuk Integrasi Lapisan Ketersediaan Data!

author:

Celestia Berkolaborasi dengan Polygon CDK untuk Integrasi Lapisan Ketersediaan Data!

Sebuah terobosan yang menjanjikan telah tercipta di dunia crypto dengan terjalinnya kerjasama antara Celestia dan Polygon Labs. Kemitraan ini mengintegrasikan lapisan ketersediaan data dari Celestia ke dalam Kit Pengembangan Rantai (CDK) milik Polygon, yang berpotensi meredefinisi infrastruktur teknologi blockchain.

Langkah ini diharapkan dapat memangkas biaya transaksi secara drastis dan telah menjadi topik hangat di industri crypto.

Integrasi yang Meredefinisi Lanskap

Dengan reputasi sebagai platform modular, Celestia kini menjadi komponen kunci dalam ekosistem Polygon 2.0. Kerjasama ini memfasilitasi pembuatan rantai Lapisan 2 yang lebih efisien dan hemat biaya.

Baca juga: Interchain Foundation Memiliki Saham Senilai $70 Juta di Celestia dan $125 juta di ATOM!

Sandeep Nailwal, co-founder Polygon, mengungkapkan bahwa sinergi ini akan mempermudah pembuatan rantai L2 yang baru, serupa dengan kemudahan dalam mengimplementasikan smart contract.

Integrasi ini memberikan keuntungan besar bagi proyek-proyek seperti OKX, Immutable, Astar, IDEX, dan Palm Network yang memanfaatkan teknologi zero-knowledge rollup. Teknologi ini memungkinkan transaksi untuk diagregasi di luar rantai utama sebelum dikonsolidasikan dalam satu paket.

Penjelajah blok Celestia “Celenium”. Sumber: Celenium

Sementara itu, Celestia akan menyediakan solusi ketersediaan data yang efisien untuk verifikasi tanpa membebani jaringan utama.

Reduksi Biaya Transaksi yang Signifikan

Biaya gas yang mahal menjadi salah satu hambatan utama bagi jaringan Lapisan 2 karena kebutuhan untuk memproses dan menyimpan data di rantai Ethereum. Namun, dengan adanya integrasi Celestia, masalah ini diharapkan dapat teratasi. Berdasarkan pengumuman yang dibuat, biaya transaksi dapat dipotong hingga lebih dari 100 kali lipat dengan kompresi dan penyimpanan data transaksi di Celestia.

Celestia menawarkan solusi yang memungkinkan jaringan untuk beroperasi dengan node yang lebih ringan, yang secara signifikan mengurangi beban dalam verifikasi ketersediaan data. Ini tidak hanya menurunkan biaya gas tetapi juga meningkatkan skalabilitas dan efisiensi jaringan.

Dengan demikian, Celestia berpotensi menjadi elemen vital dalam pengembangan infrastruktur crypto yang lebih berkelanjutan.

Baca juga: Flipkart dan Polygon Ubah Wajah E-Commerce dengan Program Loyalitas Web3!

Kemudahan dalam Mengembangkan Rantai Baru

Polygon CDK adalah sebuah toolkit yang memungkinkan pengembang untuk merancang dan meluncurkan jaringan blockchain baru yang terintegrasi dengan ekosistem Polygon yang lebih besar.

Dengan integrasi Celestia, CDK akan diperkaya dengan komponen ketersediaan data yang mudah diintegrasikan. Ini membuka jalan bagi pengembang untuk meluncurkan jaringan Ethereum Lapisan 2 yang cepat dengan kemudahan yang setara dengan penerapan kontrak pintar.

Celestia, yang telah berhasil mengumpulkan dana sebesar $55 juta dengan valuasi yang melampaui $1 miliar, diharapkan akan mempercepat penerimaan teknologi blockchain. Dengan arsitektur modular yang mendukung transaksi konsensus secara paralel di berbagai rantai, Celestia menjanjikan masa depan yang lebih efisien bagi ekosistem crypto.

Secara keseluruhan, kemitraan antara Celestia dan Polygon CDK menandai babak baru dalam perkembangan teknologi blockchain. Dengan menawarkan solusi yang lebih efisien dan hemat biaya, kerjasama ini diharapkan akan mendorong inovasi dan penerimaan crypto di berbagai bidang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: