Koin Shido Anjlok 94%, Akibat Pencuri Kuras Kontrak Staking Ethereum

Koin Shido Anjlok 94%, Akibat Pencuri Kuras Kontrak Staking Ethereum

Dunia crypto kembali digemparkan dengan aksi pencurian koin crypto. Kali ini, koin Shido menjadi korbannya. Akibat ulah pencuri tersebut, harga koin Shido anjlok hingga 94% hanya dalam waktu 30 menit. Bagaimana kronologi kejadiannya?

Kronologi Pencurian Koin Shido

Menurut perusahaan keamanan blockchain PeckShield, pencuri tersebut berhasil mengendalikan kontrak staking Ethereum milik blockchain Shido dan mentransfer keluar miliaran koin Shido.

Baca Juga: Dogecoin Melonjak 25%, Mengapa Tren Naik DOGE Belum Berakhir?

Pencuri tersebut berhasil mentransfer kontrak staking Ethereum blockchain Shido ke alamat lain. Kemudian, pemilik baru tersebut memutakhirkan kontrak dengan fungsi tersembunyi untuk menarik token yang dipertaruhkan.

PeckShield mengatakan bahwa pencuri tersebut telah menarik lebih dari 4,3 miliar koin Shido. Jumlah tersebut hampir setengah dari total pasokan koin yang beredar, yaitu sekitar 9 miliar koin Shido, menurut data CoinGecko. Sebelum harga anjlok, nilai koin tersebut sekitar $35 juta.

Tim Shido Bereaksi

Tim Shido Bereaksi

Beberapa jam setelah kejadian tersebut, tim Shido mengeluarkan pengumuman resmi. Mereka mengatakan telah mengamankan ancaman lebih lanjut terhadap Shido. Protokol tersebut juga mengatakan bahwa mereka telah memulai penyelidikan dan mendesak peretas untuk menghubungi mereka untuk merundingkan hadiah. Shido juga berjanji bahwa pengguna yang mempertaruhkan token mereka akan mendapatkan aset mereka kembali.

Tentang Shido

Shido adalah blockchain proof of stake layer-1 yang belum meluncurkan mainnet-nya. Dalam sebuah posting pada 24 Februari, Shido mengatakan bahwa mereka akan mengumumkan peluncuran mainnet “minggu depan.”

Baca Juga: Web3 Kehilangan Lebih dari $200 Juta Akibat Peretasan di Awal Tahun 2024, Apa yang Terjadi?

SHIDO adalah token ERC-20 berbasis Ethereum yang dapat dipertaruhkan di bursa crypto terdesentralisasi (DEX) yang terhubung dengan proyek tersebut untuk mendapatkan hasil tahunan sebesar 8%, menurut situs webnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi