Kode Uniswap V4 Diluncurkan, Siap Guncang Dunia DeFi dengan Kolam Likuiditas Baru?

author:

Kode Uniswap V4 Diluncurkan, Siap Guncang Dunia DeFi dengan Kolam Likuiditas Baru?

Uniswap Labs, tim di balik pertukaran desentralisasi (DeFi) terkemuka Uniswap, telah mengumumkan visi mereka untuk iterasi berikutnya dari platform pertukaran crypto mereka, yakni Uniswap V4.

Untuk pertama kalinya, Uniswap Labs mengundang umpan balik komunitas pada Uniswap V4 sebelum peluncuran publiknya.

Uniswap V4: Inovasi Baru dalam Pertukaran Desentralisasi

Uniswap Labs telah merilis draf kode untuk Uniswap V4, menurut postingan blog dari pendiri Uniswap, Hayden Adams. Kode baru ini menampilkan “hooks” atau plugin yang memungkinkan pengembang menciptakan kolam likuiditas khusus. Sedikit informasi, Uniswap adalah pertukaran crypto desentralisasi terbesar di dunia berdasarkan volume.

Menurut Adams, fungsi baru ini dapat membuka jalan untuk hal-hal seperti pesanan batas on-chain dan biaya dinamis, fitur yang mungkin tersedia di platform pertukaran tradisional tetapi lebih sulit diimplementasikan dalam pengaturan blockchain, di mana tidak ada perantara atau buku pesanan terpusat.

Baca juga: Uniswap Berekspansi ke Polkadot Melalui Moonbeam, Ini Dampak dan Manfaatnya!

Adams juga menunjukkan bahwa kode draf untuk Uniswap V4 akan memperkenalkan peningkatan kinerja dan pengurangan biaya. Uniswap bersifat izin, yang berarti siapa pun dapat membuat “kolam” untuk memfasilitasi pembelian dan penjualan token crypto yang kompatibel. Dalam proposal V4, Adams mengatakan biaya gas jaringan yang diperlukan untuk mencantumkan kolam baru akan dipotong 99%.

Uniswap V4 dan Komunitas

kode uniswap v4 diluncurkan
Coin68

Lebih lanjut, Uniswap Labs, yang mengamankan Seri B sebesar $165 juta tahun lalu, merilis rencana Uniswap V4 yang diusulkan untuk mendapatkan umpan balik publik. Menurut Adams, bisa jadi beberapa bulan lagi sebelum Uniswap V4 diluncurkan ke publik.

“Uniswap V4 benar-benar di sini sebagai implementasi awal dari protokol ini dan visi untuk apa yang akan menjadi, tetapi belum selesai. Ada waktu bagi orang untuk memberikan umpan balik, waktu bagi orang untuk menemukan peningkatan dan optimalisasi, waktu bagi orang untuk juga mulai mempersiapkan untuk membangun di atasnya.” kata Adams kepada CoinDesk.

Langkah untuk mengumpulkan umpan balik komunitas adalah langkah untuk mengadopsi model pengembangan yang lebih “desentralisasi”, dan tepat waktu ketika regulator Amerika Serikat meningkatkan pengawasan terhadap pesaing terpusat Uniswap.

Uniswap di Tengah Ketidakpastian Regulasi

Peluncuran Uniswap V4 terjadi di tengah peningkatan pengawasan regulator Amerika Serikat terhadap pesaing terpusat Uniswap. SEC baru-baru ini mengajukan tuntutan hukum terhadap Coinbase dan Binance, dua pertukaran crypto terpusat terkemuka.

Meski demikian, belum jelas apakah (atau bagaimana) tindakan penegakan serupa dapat menargetkan DEX seperti Uniswap, yang teoritis tidak memiliki struktur perintah terpusat atau entitas operasional. Namun, SEC sebelumnya menandakan niatnya untuk meningkatkan pengawasan terhadap ekosistem DeFi.

Baca juga: Diguncangan Regulasi SEC, Volume Perdagangan DeFi Melonjak Hingga 41%

Penting untuk dicatat bahwa aset yang dianggap sekuritas oleh SEC dalam tuntutan CEX terbarunya saat ini dapat diperdagangkan di Uniswap, dan platform tersebut adalah subjek dari penyelidikan SEC 2021 menurut laporan Wall Street Journal.

Pada akhirnya, Uniswap Labs telah mengumumkan visi mereka untuk iterasi berikutnya dari platform pertukaran crypto mereka, Uniswap V4. Dengan mengundang umpan balik komunitas sebelum peluncuran publiknya, Uniswap menunjukkan dedikasinya terhadap desentralisasi. Meski menghadapi tantangan regulasi, Uniswap tetap berkomitmen untuk inovasi dan pengembangan dalam ruang DeFi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: