Klaytn ($KLAY): Blockchain Hybrid yang Siap Menggebrak Dunia Perusahaan!

Klaytn ($KLAY): Blockchain Hybrid yang Siap Menggebrak Dunia Perusahaan!

Klaytn, sebuah proyek blockchain hibrida yang berfokus pada peserta di tingkat perusahaan, siap menggebrak dunia bisnis. Dengan menggabungkan keunggulan blockchain publik dan privat, Klaytn menawarkan solusi inovatif yang menjawab kebutuhan perusahaan akan skalabilitas, keamanan, dan fleksibilitas.

Dalam artikel ini, kami akan menjelajahi lebih dalam tentang apa itu Klaytn, bagaimana cara kerjanya, dan bagaimana ia dapat merevolusi cara perusahaan beroperasi. Simak potensi nya di berita berikut ini!

Klaytn ($KLAY): Perpaduan Sempurna Blockchain Publik dan Privat

klay crypto
Sumber: U Today

Klaytn adalah proyek blockchain publik yang berfokus pada bisnis yang menggabungkan keunggulan blockchain publik, seperti data & kontrol terdesentralisasi dan tata kelola terdistribusi, dengan latensi rendah dan skalabilitas tinggi dari blockchain privat.

Arsitektur jaringan modular Klaytn memungkinkan perusahaan untuk dengan mudah membuat dan mengoperasikan blockchain berorientasi layanan mereka sendiri di atas arsitektur KlaytnBlockchain berorientasi layanan ini disebut Service Chain, dan beroperasi secara mandiri sebagai sub jaringan yang berkontribusi pada inti ekosistem ramah perusahaan Klaytn.

Service Chain yang fleksibel dan mudah disesuaikan ini dapat mengakomodasi semua jenis layanan web, kecuali yang berkaitan dengan perjudian dan spekulasi keuangan. Sejak peluncuran resminya pada tahun 2019, Klaytn telah mengumpulkan lebih dari 40 mitra layanan awal (ISP) dari berbagai industri dengan beragam kasus penggunaan mulai dari perawatan kesehatan hingga hiburan, dan keuangan.

Baca Juga: Catecoin ($CATE): Meme Coin yang Memberikan Penghasilan Pasif!

Cara Kerja Klaytn: Inovasi di Balik Efisiensi

Klaytn menggunakan mekanisme konsensus Istanbul Byzantine Fault Tolerance (IBFT) yang disempurnakan, menggantikan mekanisme konsensus Proof-of-Work (POW) dan Proof-of-Stake (POS) yang umum digunakan. IBFT memungkinkan Klaytn untuk mengoperasikan infrastruktur hibrida, menggabungkan manfaat blockchain publik dan privat.

Infrastruktur dasar Klaytn ini tidak dapat dicapai jika POS atau POW diterapkan secara terpisah. Selain menggunakan IBFT sebagai mekanisme konsensus utamanya, Klaytn juga memungkinkan pemula untuk menggunakan mekanisme konsensus POS, yang hanya mendukung sejumlah kecil validator.

Klaytn mengadopsi mesin virtual yang sama dengan Ethereum (ETH), dan berfungsi mirip dengan jaringan Ethereum, meskipun pada kecepatan yang jauh lebih cepat. Mesin virtual yang diadopsi Klaytn untuk smart contract mampu memproses setidaknya 4.000 transaksi unik hanya dalam satu detik dan menawarkan biaya gas kurang dari 1/10 dari ETH.

Klaytn juga memiliki penawaran DX yang memungkinkan interoperabilitas di antara layanan yang dihosting dan menyediakan lingkungan pengembangan terintegrasi untuk pengembang. Yang paling menarik adalah transaksi Klaytn bersifat tetap, sehingga biaya transaksi dapat diprediksi. Hal ini mengatasi salah satu masalah utama adopsi blockchain di tingkat perusahaan.

Baca Juga: Shardeum ($SHM): Airdrop Fase 1 Sebanyak 3,6 Juta Token SHM!

Ekosistem Klaytn: Sebuah Dunia Peluang

Klaytn memperkenalkan konsep Blockchain Application (BApp), berbeda dari decentralized application (DApp) yang umum digunakan pada sistem blockchain lain. BApp tidak diwajibkan untuk menjalankan layanan web terdesentralisasi pada Service Chain, memberikan fleksibilitas lebih bagi pengembang.

Baik BApp terpusat maupun terdesentralisasi dapat memanfaatkan mainnet publik Klaytn serta transparansi dan keamanan yang dimungkinkan oleh blockchain. Pada tahun 2020, terdapat hampir dua lusin BApp yang beroperasi di mainnet Klaytn, sebagian besar berfokus pada hiburan dengan fitur blockchain tambahan seperti non-fungible token (NFT) yang dapat dikoleksi.

Setiap BApp menggunakan token KLAY asli Klaytn sebagai alat tukar untuk mengoperasikan dan mengenakan biaya untuk layanan mereka. Token KLAY juga diberikan kepada pengembang BApp berkinerja terbaik atas kebijaksanaan Dewan Tata Kelola Klaytn, yang terdiri dari mitra strategis terkemuka seperti LG Electronics dan Celltrion.

Kesimpulan

Klaytn telah berhasil menarik perhatian perusahaan besar dan organisasi terkemuka yang ingin memperluas basis pengguna dan jangkauan mereka. Kemitraan strategis ini, ditambah dengan model Klaytn yang fleksibel dan berorientasi pada pengguna, telah terbukti membuahkan hasil. Klaytn terus berupaya menciptakan nilai yang langgeng bagi semua peserta dalam ekosistemnya dan memenuhi tujuannya untuk adopsi blockchain global yang mulus.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi