Daftar Kisah Kontroversial Crypto yang Mengguncang Dunia Sepanjang 2023

Daftar Kisah Kontroversial Crypto yang Mengguncang Dunia Sepanjang 2023

Tahun 2023 menjadi saksi bisu bagaimana crypto tidak hanya menggemparkan pasar keuangan, tetapi juga merambah ke ranah pop kultur. Dari parade Thanksgiving hingga serial TV, crypto menunjukkan pengaruhnya yang luas. Simak kisah-kisah paling sensasional yang berhasil mencuri perhatian publik dan mengukir sejarah baru dalam dunia digital.

Skandal dan Drama di Dunia Crypto

Tahun ini, dunia crypto dikejutkan dengan drama yang melibatkan tokoh-tokoh ternama. Sam Bankman-Fried, yang dikenal sebagai ‘Golden Boy’ crypto, mengalami nasib buruk dengan dihukum atas tujuh tuduhan kejahatan.

Sementara itu, pertikaian antara Gemini milik Winklevoss bersaudara dengan CEO Digital Currency Group, Barry Silbert, menambah panas suasana setelah Genesis, anak perusahaan DCG, bangkrut. Kemelut hukum juga mewarnai industri crypto dengan Ripple dan Grayscale yang berhasil memenangkan gugatan melawan SEC.

Baca Juga: Terungkap! Mitos ETF Bitcoin yang Mengejutkan dan Fakta Sebenarnya

Ripple terbebas dari tuduhan menjual XRP sebagai sekuritas, sedangkan Grayscale menang dalam pertarungan hukum terkait penolakan aplikasi ETF Bitcoin. Kemenangan ini menjadi titik terang di tengah berbagai kasus hukum yang melilit industri crypto.

Kolaps Bank dan Kebangkitan NFT

silicon valley bank

Kolapsnya Silicon Valley Bank dan beberapa bank lain yang terkait dengan crypto menimbulkan ketidakstabilan di sektor keuangan. Kejatuhan bank-bank ini dikaitkan dengan eksposur mereka terhadap sektor crypto dan penurunan harga crypto. Namun, di sisi lain, NFT mengalami kebangkitan dengan munculnya Ordinals di jaringan Bitcoin yang memicu kegilaan perdagangan.

Meskipun volume perdagangan NFT menurun secara signifikan, pasar tetap dinamis dengan munculnya Blur dan OKX yang menantang dominasi OpenSea. Kedua platform ini menunjukkan bahwa NFT masih memiliki daya tarik dan potensi pertumbuhan yang signifikan, meskipun pasar mengalami fluktuasi.

Bitcoin ETF dan Masa Depan Crypto

Pengajuan aplikasi ETF Bitcoin oleh perusahaan tradisional seperti BlackRock dan Fidelity menantang penolakan sebelumnya oleh SEC. Kemenangan Grayscale di pengadilan meningkatkan kemungkinan persetujuan ETF Bitcoin spot di awal Januari. Ini menandakan perubahan signifikan dalam penerimaan crypto oleh lembaga keuangan tradisional.

Bitcoin sendiri menunjukkan tren positif dengan harga yang melonjak di tahun 2023, mencapai titik tertinggi dalam 20 bulan. Spekulasi tentang persetujuan ETF Bitcoin spot oleh SEC dan perkembangan positif lainnya di industri crypto memberikan harapan baru bagi masa depan crypto.

Paragraf Penutup

Dari skandal hukum hingga kebangkitan NFT, tahun 2023 telah menjadi tahun yang penuh gejolak bagi crypto. Namun, dengan adanya perkembangan positif seperti kemenangan hukum dan potensi ETF Bitcoin, masa depan crypto tampaknya masih cerah. Apakah ini pertanda bahwa musim dingin crypto telah berakhir? Hanya waktu yang akan menjawab.

Baca Juga: DeFiLlama dan Drama Peluncuran Token LLAMA yang Bikin Geger Pasar Crypto

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi