Dari Kelas Bahasa ke Ladang Bitcoin, Kisah Ekspansi BTC Digital dengan 220 Penambang Baru!

author:

Dari Kelas Bahasa ke Ladang Bitcoin, Kisah Ekspansi BTC Digital dengan 220 Penambang Baru!

Dari ruang kelas bahasa Inggris ke lahan penambangan Bitcoin, BTC Digital, yang berbasis di China, telah mengambil langkah besar dalam industri crypto. Dengan penambahan 220 unit penambang Bitcoin baru, perusahaan ini kini menguasai lebih dari 230 petahashes per detik (PH/s) kekuatan komputasi.

Transformasi ini tidak hanya menandai perubahan identitas perusahaan tetapi juga menunjukkan adaptasi bisnis dalam menghadapi dinamika pasar global.

Transisi dari Pendidikan ke Penambangan

BTC Digital, yang dulunya merupakan jaringan sekolah bahasa Inggris di Shenzhen, kini telah mengembangkan sayapnya ke Pennsylvania dan Tennessee dengan mendirikan ladang penambangan Bitcoin.

Baca juga: Rahasia Dibalik Penambangan Bitcoin di Rumah: Apakah Mungkin?

btc digital
Halaman depan BTC Digital. Sumber: BTC Digital

Perubahan nama dari Meten EdtechX Education Group menjadi BTC Digital pada Agustus lalu mencerminkan pergeseran fokus bisnis perusahaan ke penambangan crypto.

Meskipun situs web perusahaan masih mengklaim sebagai penyedia layanan pelatihan bahasa Inggris umum terkemuka di China, sebuah thread di Reddit yang dimulai pada 11 November 2022 menunjukkan bahwa perusahaan telah menghentikan operasi pengajaran secara tiba-tiba.

Ekspansi dan Strategi Penambangan

penambangan bitcoin
Sumber: Seeking Alpha

Pada akhir tahun 2021, BTC Digital memulai operasi penambangannya dengan mengerahkan 1.482 penambang, menurut profil di situs webnya yang tidak bertanggal.

Ladang penambangan yang terletak di Amerika Serikat dioperasikan oleh pihak ketiga, menandai langkah perusahaan dalam diversifikasi geografis dan operasional.

CEO BTC Digital, Alan Peng, menyatakan bahwa dengan pembelian terbaru dan rencana untuk meningkatkan jumlah mesin penambangan, mereka bertujuan untuk terus memperbaiki kondisi keuangan serta memaksimalkan nilai bagi pemegang saham.

“Dengan pembelian baru-baru ini dan rencana kami untuk menambah jumlah alat berat tambang, kami bertujuan untuk terus meningkatkan kondisi keuangan kami serta memaksimalkan nilai bagi para pemegang saham.”

Dampak terhadap Pasar dan Saham Perusahaan

Pasca perubahan simbol ticker dari METX menjadi BTCT pada 28 September 2023, perusahaan mengalami lonjakan aktivitas di pasar saham.

Baca juga: Bitmain Luncurkan Antminer T21: Revolusi Penambangan Bitcoin di Tahun 2024!

Dengan kapitalisasi pasar sebesar $3,1 juta pada 28 September, saham perusahaan yang sempat menyentuh titik terendah $1,79 per saham pada 26 September, kini bernilai $3,66 pada saat penulisan.

Meskipun China melakukan penindakan terhadap penambangan Bitcoin di dalam negerinya pada paruh kedua tahun 2021, upaya tersebut tampaknya kurang sepenuhnya berhasil.

Pada akhirnya, BTC Digital telah menunjukkan bagaimana sebuah perusahaan dapat berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan zaman. Dengan ekspansi besar-besaran dalam penambangan Bitcoin, perusahaan ini tidak hanya memperkuat posisinya di pasar crypto tetapi juga memberikan contoh tentang bagaimana diversifikasi dapat menjadi kunci dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: