Kisah CZ, Sang Mantan CEO yang Berakhir di Balik Jeruji!

Kisah CZ, Sang Mantan CEO yang Berakhir di Balik Jeruji!

Changpeng “CZ” Zhao, mantan CEO Binance, baru-baru ini membuat heboh media sosial dengan sebuah unggahan yang mengisyaratkan bahwa ia mungkin akan menulis sebuah buku yang akan mengungkap semua detail selama menjalani hukuman penjara.

Zhao, yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Binance pada bulan November 2023 setelah mengakui tuduhan pencucian uang, menulis di platform media sosial X untuk menggoda proyek buku potensialnya. “Saya akan memiliki sedikit ‘waktu tenang’ ke depannya. Akan menggunakannya untuk menulis sesuatu,” tulisnya. Simak beritanya disini!

CZ Tertarik Menulis Buku

Memoir yang diusulkan tersebut akan mengikuti buku serupa berjudul “Going Infinite” karya Michael Lewis yang menceritakan kisah kebangkitan dan kejatuhan spektakuler Sam Bankman-Fried, pendiri bursa kripto FTX yang gagal.

cz menulis buku
Sumber: Akun X CZ

Bankman-Fried sekarang menjalani hukuman 25 tahun penjara karena penipuan. Meskipun tidak spesifik, Zhao sebelumnya telah membahas rencana untuk sesuatu yang disebut “Giggle Academy”, sebuah program pendidikan yang bertujuan untuk mengajarkan anak-anak kurang mampu tentang keuangan, teknologi blockchain, dan mata pelajaran lainnya.

Jika Zhao benar-benar menulis buku, itu bisa memberikan pandangan mendalam tentang skandal dunia kripto yang membuatnya berakhir di penjara sebagai narapidana miliarder. Bagi para pengikut kisah kripto, ini mungkin menawarkan kesempatan langka untuk belajar langsung dari salah satu mantan pemimpin industri yang tercela.

Baca Juga: Mantan CEO Binance, Changpeng Zhao, Umumkan Proyek Pendidikan Baru!

CZ Dijatuhi Hukuman Penjara

Changpeng Zhao, pendiri Binance, dijatuhi hukuman empat bulan penjara pada bulan April. Ia menjadi orang terkaya yang pernah dipenjara di Amerika Serikat. Jaksa menginginkan pengusaha kontroversial berusia 47 tahun itu menjalani hukuman tiga tahun di balik jeruji besi.

CZ mengaku bersalah atas pelanggaran pencucian uang pada bulan November saat mengundurkan diri sebagai CEO Binance. Raksasa mata uang kripto itu juga setuju untuk membayar denda sebesar $4,3 miliar.

Setelah mengundurkan diri dari jabatannya, CZ juga menggoda proyek baru yang berfokus pada pendidikan yang disebut “Giggle Academy.” Proyek nirlaba ini secara khusus akan menargetkan anak-anak kurang mampu, mengajari mereka tentang keuangan dan blockchain di atas beberapa mata pelajaran reguler seperti matematika.

Baca Juga: Kisah Kekalahan Changpeng Zhao: Dari CEO Binance ke Sel Penjara

CZ Tetap Menjadi Investor Kripto

CZ telah mengonfirmasi bahwa ia akan tetap menjadi investor mata uang kripto meskipun mundur dari Binance. Sementara itu, Sam Bankman-Fried, pendiri mata uang kripto lain yang juga tersandung kasus hukum, sudah memiliki buku tentang dirinya.

Kisah mantan bos FTX, yang dijatuhi hukuman 25 tahun penjara tahun lalu, telah diceritakan dalam buku Michael Lewis berjudul “Going Infinite: The Rise and Fall of a New Tycoon.” Lewis terkenal karena bukunya “The Big Short,” yang menginspirasi film hit dengan judul yang sama.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi