Charles Hoskinson: Cardano Lebih Unggul dari Ethereum dalam Biaya Transaksi!

Charles Hoskinson: Cardano Lebih Unggul dari Ethereum dalam Biaya Transaksi!

Charles Hoskinson, pendiri Cardano, baru-baru ini menekankan keunggulan finansial Cardano atas Ethereum dalam hal biaya transaksi. Hoskinson menunjuk ke sebuah tweet yang mengklaim bahwa transaksi 56 aset di jaringan Cardano hanya membutuhkan biaya sebesar $0,14, biaya yang dia klaim tidak akan pernah bisa dicapai oleh Ethereum. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Keunggulan Biaya Transaksi Cardano

keunggulan gas fee cardano vs ethereum
Sumber: Akun Twitter Charles Hoskinson

Dilansir dari U Today, Hoskinson menunjukkan bahwa biaya transaksi yang lebih rendah mungkin disebabkan oleh fitur unik dari arsitektur blockchain Cardano, termasuk Extended UTXO (Eutxo), aset native, dan bahasa smart contract Plutus.

Eutxo merujuk pada model ledger dasar Cardano, sementara Plutus adalah bahasa kontrak pintar platform, yang mendukung aplikasi terdesentralisasi (DApps).

Elemen-elemen ini dirancang untuk memastikan transaksi yang aman dan efisien dari segi biaya, yang merupakan kunci untuk utilitas dan adopsi keseluruhan dari jaringan blockchain. Biaya transaksi yang lebih rendah ini menjadi titik perdebatan utama antara Cardano dan Ethereum.

Baca Juga: Cardano (ADA) Bersiap untuk Upgrade Mainnet Mithril, Apa yang Berubah?

Kritik Ethereum dan Ambisi Cardano

ada vs eth
Sumber: Guarda Wallet

Ethereum, yang telah menghadapi kritik atas biaya transaksi yang tinggi, terutama selama periode kemacetan jaringan, menjadi sasaran kritik Hoskinson. Cardano, yang dikenal sebagai “Ethereum Jepang,” bertujuan untuk menawarkan blockchain yang lebih mudah diakses, terjangkau, dan permisionless.

Komentar Hoskinson sejalan dengan kritiknya sebelumnya terhadap Ethereum, di mana dia menantang mekanisme staking dari blockchain yang pernah dia bantu ciptakan.

Dia telah dikenal untuk membandingkan pendekatan kedua platform, menunjukkan bahwa protokol proof-of-stake Cardano dirancang lebih efektif, yang berkontribusi pada keunggulan atas Ethereum.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: