Pasar Keuangan Blockchain Diprediksi akan Tumbuh Hingga $79,3 Miliar pada 2032!

author:

Pasar Keuangan Blockchain Diprediksi akan Tumbuh Hingga $79,3 Miliar pada 2032!

Pasaran keuangan blockchain sedang menuju era keemasan dengan proyeksi pertumbuhan yang mencengangkan. Menurut laporan terbaru dari Allied Market Research, pasar ini diperkirakan akan mencapai nilai $79,3 miliar pada tahun 2032.

Apa yang mendorong pertumbuhan fenomenal ini dan bagaimana teknologi blockchain merevolusi industri keuangan? Mari kita selami lebih dalam.

Pendorong Utama Pertumbuhan Pasar Keuangan Blockchain

Sub-segmen blockchain publik menyumbang pangsa pasar yang dominan. Sumber: Riset Pasar Sekutu

Pasar keuangan blockchain, yang mencakup blockchain publik dan pribadi, perdagangan, pembayaran, penyelesaian, dan manajemen aset, diperkirakan akan tumbuh menjadi pasar senilai $79,3 miliar pada tahun 2032.

Baca juga: Laporan Terbaru Sebut Pertumbuhan Pasar Dompet Crypto akan Mencapai $686 Juta di 2026!

Bitcoin dan Ethereum adalah beberapa ekosistem crypto terkemuka yang menggunakan blockchain publik. Blockchain publik memiliki banyak kelebihan, seperti yang dijelaskan dalam laporan tersebut:

“Blockchain publik memanfaatkan kekuatan komputasi yang signifikan, menjadikannya ideal untuk memelihara buku besar terdistribusi yang terkait dengan transaksi keuangan. Faktor-faktor ini diantisipasi untuk meningkatkan pasar keuangan blockchain.”

Salah satu faktor utama di balik pertumbuhan ini adalah kebutuhan akan prosedur yang lebih efisien dan sederhana dalam sektor keuangan. Selain itu, pandemi COVID-19 telah memberikan dampak positif, di mana sektor keuangan terdesentralisasi (DeFi) mengalami pertumbuhan substansial dan muncul sebagai alternatif potensial untuk sistem perbankan tradisional bagi bisnis dan individu.

Meskipun demikian, ada beberapa tantangan yang mungkin menghambat pertumbuhan pasar, seperti ketidakpastian regulasi, masalah skalabilitas, dan kebutuhan akan interoperabilitas dan standarisasi yang lebih baik.

Aplikasi dan Potensi Teknologi Blockchain dalam Keuangan

prediksi pasar blockchain
Sub-segmen pembayaran dan penyelesaian lintas batas memiliki pangsa pasar yang dominan. Sumber: Riset Pasar Allied

Dalam hal aplikasi keuangan blockchain, pembayaran dan perdagangan lintas batas merupakan dua sub-segmen terbesar, yang didorong oleh meningkatnya permintaan dari individu, perusahaan, pedagang, industri, dan kelompok-kelompok pembangunan internasional.

Blockchain, sebagai sistem penyimpanan data elektronik, memainkan peran kritis dalam sistem Bitcoin. Teknologi blockchain dapat menghindari metode perlindungan dari penipuan tradisional yang memerlukan validasi dari beberapa pihak.

Dengan jaringan peer-to-peer dan kemampuan anti-pemalsuan, blockchain menjadi salah satu teknologi terbaik untuk sektor yang mendapat manfaat dari transfer informasi dan transaksi yang cepat dan bebas penipuan.

Baca juga: Ripple (XRP) Bersiap untuk Breakout Besar, Apa yang Harus Diperhatikan Investor?

Selain itu, kontrak, prosedur keuangan, dan transaksi merupakan komponen kritis dari industri keuangan. Implementasi teknologi blockchain memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi dari dokumen yang bergerak dalam jumlah besar di sektor ini.

Pandangan Global: Dominasi Amerika Utara dan Potensi Asia-Pasifik

Pasar keuangan blockchain di kawasan Amerika Utara mencatat pangsa pasar tertinggi pada tahun 2022 dan diperkirakan akan mendominasi pasar selama periode proyeksi. Pertumbuhan ini terutama disebabkan oleh situasi ekonomi yang berkembang dan langkah-langkah pemerintah untuk memperluas infrastruktur di industri keuangan.

Meskipun demikian, kawasan Asia-Pasifik diperkirakan akan menghasilkan pendapatan maksimum selama periode proyeksi. Dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan adopsi teknologi yang meningkat, kawasan ini menjanjikan peluang besar bagi pasar keuangan blockchain.

Beberapa pemain utama di pasar keuangan blockchain termasuk Deloitte Touche Tohmatsu Limited, R3, Alphabet, Circle Internet Financial Limited, JP Morgan Chase, dan lainnya.

Dengan pertumbuhan yang pesat dan potensi yang belum tergali, pasar keuangan blockchain menjanjikan revolusi dalam industri keuangan global. Meskipun ada tantangan di depan, prospek untuk teknologi ini tampak cerah dan menjanjikan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: