Chris Larsen, Ketua Ripple, Diretas dan Kehilangan 213 Juta XRP!

author:

Chris Larsen, Ketua Ripple, Diretas dan Kehilangan 213 Juta XRP!

Chris Larsen, salah satu pendiri dan Ketua Ripple, baru-baru ini mengalami peretasan pada akun pribadinya, kehilangan sekitar 213 juta XRP senilai kira-kira $112,5 juta.

Peristiwa yang pertama kali dilaporkan oleh analis crypto ZachXBT ini telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor dan pengamat pasar tentang potensi dampaknya terhadap harga XRP.

Peretasan Akun Pribadi Chris Larsen

ripple diretas
Sumber: X

Chris Larsen mengonfirmasi bahwa beberapa akun XRP pribadinya telah diakses tanpa izin pada 31 Januari 2024.

Baca juga: Ripple Labs Pindahkan 27 Juta XRP, Harga Siap-siap Anjlok?

Dia dengan cepat mengidentifikasi masalah tersebut dan memberi tahu bursa untuk membekukan alamat yang terpengaruh. Keterlibatan penegak hukum telah diinisiasi untuk menangani situasi tersebut.

Meskipun Larsen tidak mengonfirmasi jumlahnya, diperkirakan bahwa peretas berhasil mendapatkan 213 juta XRP melalui peretasan tersebut.

Upaya Pencucian Aset yang Dicuri

Dilaporkan bahwa pelaku peretasan mencoba untuk mencuci XRP yang dicuri melalui setidaknya enam bursa berbeda.

Meskipun akun yang terkait dengan pelanggaran saat ini telah dibekukan oleh penegak hukum, masih belum jelas apakah dana tersebut tetap berada dalam pengawasan bursa.

Baca juga: Brad Garlinghouse dari Ripple Mengonfirmasi Rencana IPO Sedang Ditunda, Ada Apa?

Dampak Potensial pada Pasar XRP

Berita tentang peretasan ini menyebar dengan cepat, dan harga XRP sempat turun sekitar $0,01, tetapi kemudian cepat pulih dan tetap stabil hampir satu jam setelah peretasan dilaporkan.

Meskipun tampaknya akun Ripple tidak terlibat, yang menunjukkan bahwa dana pemegang XRP aman, peristiwa ini bisa menjadi salah satu peretasan terkait cryptocurrency terbesar tahun 2024 sejauh ini.

Peretasan yang menimpa Chris Larsen menyoroti risiko keamanan yang terus ada dalam ekosistem crypto.

Meskipun dampak langsung terhadap pasar XRP tampaknya minimal, insiden ini mengingatkan investor dan pengguna tentang pentingnya mengamankan aset digital mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: