Ketertarikan Korporat Terhadap NFT Memuncak, NFT Cardano Masuk 10 Besar!

author:

Ketertarikan Korporat Terhadap NFT Memuncak, NFT Cardano Masuk 10 Besar!

Ketertarikan korporat terhadap NFT semakin memuncak, terutama dengan lonjakan volume perdagangan NFT di Cardano yang berhasil masuk sepuluh besar. Meskipun mengalami penurunan, Cardano menunjukkan pertumbuhan pembeli.

Di sisi lain, Ethereum mencatatkan volume perdagangan tertinggi sejak Juni tahun lalu. Kedua blockchain ini menjadi sorotan di tengah tren NFT yang mulai dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar di Amerika.

Volume Perdagangan NFT Cardano Mencengangkan

Sumber: cryptoslam.io

Cardano kini berada di antara blockchain teratas untuk volume perdagangan NFT, meskipun mengalami penurunan sebesar 19% menjadi $117.127. Namun, jumlah pembeli meningkat 13%. Dalam periode tujuh hari, Cardano berada di posisi ke-11 dengan volume turun 25% menjadi $1.202.929, tetapi pembeli naik 37%.

Baca juga: Heboh! CryptoPunk Laku $500.000, NFT Kembali Bangkit?

Di antara sepuluh besar, Solana menjadi bintang dengan kenaikan volume 43%, diikuti oleh Ethereum dengan 23% dan Arbitrum dengan 6%. Ethereum mencatatkan volume perdagangan harian tertinggi sejak Juni lalu pada tanggal 18 Januari, dengan angka mencapai $42,7 juta. Ini merupakan pertama kalinya angka tersebut melebihi $40 juta sejak akhir Juni tahun sebelumnya.

Volume perdagangan kemudian menurun, tetapi tetap lebih tinggi dibandingkan minggu-minggu sebelumnya. Blur mendominasi pasar dengan porsi 76%, diikuti oleh OpenSea dengan 16,4%.

Ethereum Pecahkan Rekor Volume Perdagangan

Penjualan NFT Ethereum Meroket 43% di Januari 2023
Sumber: Bitcoinist

Ethereum mencatatkan rekor baru dengan volume perdagangan NFT tertinggi sejak pertengahan tahun lalu, mencapai $42,7 juta dalam sehari. Angka ini menandai momentum kebangkitan setelah periode sepi yang cukup panjang. Volume perdagangan harian Ethereum terus berada di atas angka yang lebih tinggi dibandingkan awal Desember tahun lalu, dengan catatan harian $29,6 juta, $28,2 juta, dan $25,6 juta.

Volume mingguan Ethereum juga mengalami lonjakan signifikan, hampir menyamai angka yang terakhir kali tercatat pada Juni 2023. Dari $168,9 juta, volume mingguan naik menjadi hampir $204 juta.

Pada April 2022, Ethereum sempat mencapai puncak dengan volume $1,4 miliar. Marketplace Blur mendominasi dengan porsi 76%, diikuti OpenSea dan beberapa lainnya.

Baca juga: Donald Trump dan NFT: Inovasi Digital yang Mengguncang Dunia Crypto

Perusahaan Besar AS Mulai Gunakan NFT

Meskipun pasar NFT mengalami penurunan dibandingkan dua tahun lalu, perusahaan besar di Amerika seperti MasterCard, Coca-Cola, dan Starbucks menemukan cara untuk memanfaatkan NFT. Forbes melaporkan bahwa NFT versi lebih sederhana kini menjadi alat pemasaran yang efektif.

Perusahaan sepatu seperti Nike, Adidas, dan Puma juga meluncurkan koleksi NFT mereka sendiri. Nike berhasil dengan koleksi Dunk Genesis, menarik perhatian baru meskipun pasar sedang lesu. Koleksi ini sering digunakan dalam program loyalitas, sehingga tidak banyak berkontribusi pada volume perdagangan di pasar NFT.

Namun, menurut Paul Brody dari Ernst & Young, dompet blockchain akan menjadi seperti etalase trofi publik, dengan NFT lebih banyak digunakan sebagai suvenir dan trofi publik daripada aset finansial yang dapat ditransfer.

Dinamika pasar NFT yang ditunjukkan oleh Cardano dan Ethereum, serta pemanfaatan NFT oleh perusahaan besar, menandakan bahwa meskipun pasar mengalami fluktuasi, NFT tetap memiliki tempat yang signifikan dalam ekosistem digital.

Ini menunjukkan bahwa NFT tidak hanya sekedar tren, tetapi juga memiliki potensi aplikasi yang luas dalam berbagai industri.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: