Keruntuhan Harga STRK Starknet: Antara Airdrop dan Aksi Jual Masif

Keruntuhan Harga STRK Starknet: Antara Airdrop dan Aksi Jual Masif

Dunia crypto kembali dihebohkan dengan jatuhnya harga token STRK milik Starknet, sebuah jaringan layer-2 Ethereum, yang mengalami penurunan drastis lebih dari 50% hanya dalam dua hari. Fenomena ini menarik perhatian banyak pihak dan memicu spekulasi tentang masa depan crypto ini.

Aksi Jual oleh Nethermind dan Pemburu Airdrop

Aksi Jual oleh Nethermind dan Pemburu Airdrop
CoinGecko

Harga token STRK Starknet mengalami penurunan tajam hingga hampir 60%, berdagang di bawah $1,90 dari puncaknya pada 20 Februari seharga $4,41, saat airdrop dilakukan kepada beberapa pengguna blockchain. Penurunan ini diperparah oleh aksi jual oleh firma infrastruktur Ethereum, Nethermind, dan pemburu airdrop yang menjual jutaan dolar nilai token yang diperoleh dari airdrop.

Baca Juga: Kota Perth: Surga Crypto dengan Pantai Indah nan Terpencil

Analisis dari Lookonchain mengungkapkan bahwa Nethermind menjual 3,41 juta STRK senilai lebih dari $6,7 juta, dan masih memegang token senilai lebih dari $12 juta, yang menimbulkan kekhawatiran akan adanya penjualan lebih lanjut. Selain itu, terdapat juga pemburu airdrop yang mengkonsolidasikan dompet untuk menjual jumlah besar STRK, menambah tekanan jual di pasar.

Dampak pada Total Value Locked (TVL) Starknet

X/@lookonchain

Meskipun harga STRK mengalami penurunan, Total Value Locked (TVL) Starknet justru melihat peningkatan signifikan, mencapai $73,5 juta, naik hampir 30% dalam 24 jam. Ini menunjukkan bahwa meskipun ada volatilitas harga token, nilai yang terkunci dalam protokol Starknet tetap menunjukkan pertumbuhan, menandakan kepercayaan tertentu dari komunitas terhadap ekosistem Starknet.

Analisis Harga dan Prospek Masa Depan STRK

Analisis harga menunjukkan dua kemungkinan skenario untuk STRK. Dalam skenario bullish, harga dapat terus bergerak sideways dan membentuk rentang horizontal antara $1,70 dan $2,20 sebelum memulai tren naik berikutnya. Namun, mengingat fundamental, ada juga kemungkinan penurunan 50% lebih lanjut, terutama jika pemegang token besar terus mengambil untung, yang dapat menurunkan harga hingga sekitar $0,84.

Keruntuhan harga STRK Starknet ini mengingatkan kita akan volatilitas pasar crypto dan pentingnya melakukan penelitian sebelum berinvestasi. Meskipun ada potensi untuk pertumbuhan, risiko juga tinggi, dan kejadian seperti ini menunjukkan betapa cepatnya kondisi pasar dapat berubah.

Baca Juga: Terungkap! Rahasia di Balik Lonjakan Populeritas Crypto yang Tak Terduga

Dalam menghadapi dinamika pasar crypto yang terus berubah, penting bagi investor crypto untuk tetap waspada dan informasi. Kejadian seperti penurunan harga STRK Starknet memberikan pelajaran berharga tentang risiko dan peluang dalam investasi crypto.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: