Kerugian Menggemparkan: Crypto Senilai $343 Juta Raib dalam Sekejap!

Kerugian Menggemparkan: Crypto Senilai $343 Juta Raib dalam Sekejap!

Di tengah gempita dunia digital, sebuah fenomena mengejutkan terjadi di industri crypto. Bulan November menyaksikan pencurian aset digital senilai $343 juta dari berbagai platform pertukaran crypto, menandai salah satu pencurian terbesar dalam sejarah. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Pencurian Besar di Dunia Crypto

pencurian besar crypto
Sumber: Immunefi

Bulan November tercatat sebagai bulan kelam bagi industri crypto. Menurut sebuah studi, aset digital senilai $343 juta berhasil dicuri dari berbagai platform pertukaran crypto. Ini merupakan pencurian terbesar yang terjadi dalam satu bulan pada tahun ini, menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya mencatat kerugian sebesar $22 juta.

Kerugian ini tidak hanya mengejutkan karena jumlahnya yang besar, tetapi juga karena cara pencurian yang semakin canggih. Para hacker menggunakan berbagai metode untuk menembus sistem keamanan yang seharusnya melindungi aset-aset ini. Kejadian ini menimbulkan pertanyaan serius tentang keamanan dan stabilitas di dunia crypto.

Baca Juga: Data Pengguna ATM Bitcoin Dicuri, Hacker Mengaku Rampas 70.000 Selfie Pelanggan!

Target Utama dan Dampaknya

defi vs cefi
Sumber: Immunefi

Centralized Finance (CeFi) menjadi target utama dalam serangan ini, menyumbang 53,8% dari total kerugian. Sementara itu, Decentralized Finance (DeFi) juga mengalami kerugian yang tidak kecil, dengan 46,2% dari total kerugian. Serangan ini tidak hanya berdampak pada kehilangan aset, tetapi juga menimbulkan kekhawatiran di kalangan investor dan pengguna.

Kerugian ini juga menyoroti kerentanan dari berbagai blockchain yang menjadi target. BNB Chain dan Ethereum adalah dua blockchain yang paling banyak diserang, dengan kerugian mencapai 83% dari total kerugian di seluruh blockchain. Hal ini menunjukkan bahwa bahkan blockchain yang paling populer dan dianggap aman pun masih rentan terhadap serangan.

Baca Juga: Waspada! Targetkan Pengguna Crypto, Hacker China Lakukan Skema Phishing!

Upaya Pemulihan dan Pencegahan

Pasca kejadian ini, banyak platform pertukaran crypto meningkatkan upaya keamanan mereka. Mereka mulai menerapkan sistem keamanan yang lebih ketat dan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk melacak dan memulihkan aset yang hilang. Namun, upaya ini tidak selalu membuahkan hasil yang diharapkan.

Di sisi lain, komunitas crypto mulai lebih sadar akan pentingnya keamanan digital. Banyak pengguna yang mulai lebih berhati-hati dalam memilih platform pertukaran dan menyimpan aset digital mereka. Edukasi tentang keamanan crypto menjadi topik yang semakin populer, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan risiko yang ada.

Kerugian besar yang terjadi di industri crypto pada bulan November ini menjadi pengingat keras bagi kita semua tentang pentingnya keamanan digital. Kejadian ini tidak hanya berdampak pada aspek finansial, tetapi juga menimbulkan kekhawatiran dan kebutuhan akan sistem keamanan yang lebih kuat di masa depan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: