Kerugian Akibat Peretasan Kripto Turun 67%, Bunga DeFi Bitcoin Meningkat: Finance Redefined

Kerugian Akibat Peretasan Kripto Turun 67%, Bunga DeFi Bitcoin Meningkat: Finance Redefined

Jakarta, Pintu News – Sektor DeFi sering dikaitkan dengan peretasan dan eksploitasi, tetapi kerugian akibat peretasan telah menurun sebesar 67% pada bulan April menjadi $60 juta dibandingkan dengan bulan Maret, yang mengalami pencurian dana sebesar $187 juta.

Peretas Hundred Finance memindahkan dana curian untuk pertama kalinya setelah hampir setahun setelah eksploitasi. Dalam berita lain, platform Bitcoin layer-2 Stacks mencatat jumlah pengguna aktif tertinggi karena minat terhadap Bitcoin DeFi, atau BTCFi, melonjak. Simak detail beritanya disini!

Kerugian Akibat Peretasan Kripto Anjlok 67% di Bulan April Menjadi $60 Juta

peckshield peretasan kripto
Sumber: Akun X Peckshield Alert

Nilai kolektif mata uang kripto yang dikompromikan oleh peretasan anjlok 67% pada bulan April menjadi $60,2 juta, menandai penurunan signifikan dalam serangan kripto, yang merupakan penurunan signifikan pertama di tahun 2024.

67% merupakan penurunan tajam dari $187,6 juta yang diretas pada bulan Maret, yang tidak seberapa dibandingkan dengan aset digital senilai $360,8 juta yang diretas pada bulan Februari, menurut posting X pada tanggal 1 Mei oleh perusahaan keamanan on-chain PeckShield.

Baca Juga: CFTC Desak Regulasi DeFi untuk Lindungi Investor

Akun Aktif Stacks Mencapai Rekor Tertinggi di Tengah Meningkatnya Minat pada Bitcoin DeFi

Jaringan Bitcoin layer-2 terkemuka Stacks telah mencapai rekor tertinggi dalam pengguna aktif, didorong oleh meningkatnya minat pada DeFi asli Bitcoin. Stacks mencapai rekor tertinggi baru yaitu 122.497 akun aktif selama bulan April.

Akun aktif adalah alamat yang melakukan setidaknya satu transaksi, menurut posting X pada tanggal 2 Mei oleh penyedia data Bitcoin (BTC) Signal 21.

Rekor jumlah akun menunjukkan meningkatnya minat pada BTCFi dan terjadi lebih dari seminggu setelah halving Bitcoin 2024 dan peluncuran Runes, protokol baru untuk menerbitkan token yang dapat dipertukarkan di jaringan Bitcoin.

Peretas Hundred Finance Memindahkan Aset Curian Setahun Setelah Eksploitasi $7 Juta

transaksi hundred finance
Transaksi token yang dilakukan oleh peretas Hundred Finance. Sumber: Etherscan

Peretas yang mencuri $7,4 juta dari protokol DeFi Hundred Finance telah mulai memindahkan aset kripto setelah satu tahun tidak aktif. Pada tanggal 1 Mei, peretas memindahkan Ether (ETH) dan Tether (USDT) senilai sekitar $800.000 dari bursa terdesentralisasi Curve setelah menyediakan likuiditas pada platform tersebut lebih dari satu tahun yang lalu.

Setelah menarik dana, peretas mengonversi USDT dan mata uang kripto lainnya menjadi ETH, meningkatkan ETH milik pelaku eksploitasi lebih dari $1 juta.

Baca Juga: Eropa Bersiap Mengguncang Dunia DeFi: Apa yang Perlu Kamu Ketahui!

Curve Finance Memberikan Hadiah $250.000 kepada Pengembang karena Menemukan Kerentanan Reentrancy

Seorang peneliti keamanan diberi hadiah $250.000 karena menemukan kerentanan yang secara historis memungkinkan peretas menarik jutaan dolar dari protokol mata uang kripto. Peneliti keamanan siber anonim Marco Croc dari Kupia Security mengidentifikasi kerentanan reentrancy dalam protokol DeFi Curve Finance.

Dalam utas X, ia menjelaskan bagaimana bug tersebut dapat dieksploitasi untuk memanipulasi saldo dan menarik dana dari kumpulan likuiditas.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi