PM India Narendra Modi Dorong Kerangka Regulasi Crypto Global, Apa Dampaknya?

PM India Narendra Modi Dorong Kerangka Regulasi Crypto Global, Apa Dampaknya?

Perdana Menteri India, Narendra Modi, baru-baru ini menyerukan pendekatan global terhadap regulasi crypto. Dalam wawancara dan pernyataan di berbagai forum termasuk G20, PM Modi menekankan pentingnya adopsi, demokratisasi, dan pendekatan yang unifikasi terhadap teknologi crypto.

“Tidak ada gunanya mengabaikannya atau berharap itu akan hilang. Sebaliknya, fokus harus pada adopsi, demokratisasi, dan pendekatan yang unifikasi,” kata Modi, dikutip dari Bitcoin News, Senin (28/8/2023). Simak berita lengkapnya berikut ini!

“One Crypto, One Rule”: Visi PM Modi

PM Modi menekankan bahwa regulasi dan kerangka kerja seputar crypto tidak boleh menjadi milik satu negara atau sekelompok negara. “Semua teknologi yang muncul membutuhkan kerangka dan regulasi global,” kata Modi.

Dia bahkan menarik paralel dengan industri penerbangan, menyarankan model berbasis konsensus global. Ini menunjukkan pandangan PM Modi yang positif terhadap crypto dan AI, yang berpotensi mengganggu negara-negara seperti Cina yang telah melarang mining crypto pada tahun 2021.

Baca Juga: Gerakan Digitalisasi Mata Uang India: Pemerintah Dorong Bank untuk Menyediakan E-Rupee

Dampak pada Ekonomi Global dan Negara Berkembang

Selama kepemimpinan India di G20, diskusi tentang crypto telah diperluas untuk memasukkan dampaknya pada ekonomi yang sedang berkembang dan pasar.

“Presidensi G20 India memperluas percakapan crypto melampaui stabilitas keuangan untuk mempertimbangkan implikasi makroekonomi yang lebih luas, terutama bagi pasar dan ekonomi yang sedang berkembang,” ujar Modi.

Ini mencerminkan upaya kolaboratif untuk mengatasi tantangan dan peluang yang disajikan oleh sektor crypto.

Baca Juga: Demi Stabilitas Keuangan Negara, India Kembangkan Framework Regulasi Global Tentang Aset Crypto!

India dan Masa Depan Regulasi Crypto

masa depan regulasi crypto
Sumber: The Economic Times

Meskipun India telah merilis “Presidency Note” yang berupaya menetapkan kerangka global untuk aset crypto, pandangan PM Modi menunjukkan kemungkinan terbuka untuk adopsi kripto di India.

Ini bisa menjadi langkah inovatif dalam lanskap keuangan negara tersebut, mirip dengan bagaimana demonetisasi India mendapat pujian global karena mengintegrasikan wajib pajak yang sebelumnya tidak tercatat ke dalam sistem.

Seruan PM Modi untuk pendekatan global terhadap regulasi crypto menunjukkan visi yang inklusif dan progresif. Ini tidak hanya berpotensi membentuk masa depan regulasi crypto tetapi juga menunjukkan peran penting yang bisa dimainkan oleh India dalam diskusi global ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: