Survei Bitwise: Hanya 39% Penasihat Keuangan yang Percaya Bahwa ETF Bitcoin Akan Disetujui

Survei Bitwise: Hanya 39% Penasihat Keuangan yang Percaya Bahwa ETF Bitcoin Akan Disetujui

Ketidakpastian yang berkepanjangan terkait persetujuan ETF Bitcoin oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) telah menciptakan suasana skeptisisme di antara para penasihat keuangan. Survei terkini menunjukkan bahwa hanya sebagian kecil dari mereka yang optimis akan terjadinya persetujuan dalam waktu dekat, meskipun ada antusiasme yang tinggi untuk berinvestasi dalam produk tersebut setelah mendapatkan lampu hijau. Simak berita lengkapnya berikut ini!

Keraguan di Kalangan Profesional Keuangan

keraguan di kalangan penasihat keuangan
Sumber: Akun X Bitwise

Hasil survei yang diadakan oleh Bitwise menunjukkan bahwa hanya 39% dari penasihat keuangan di Amerika Serikat yang percaya bahwa SEC akan memberikan izin untuk ETF Bitcoin pada tahun 2024. Walaupun begitu, mayoritas masih berpendapat bahwa persetujuan akan diberikan pada suatu saat, dengan 22% memperkirakan akan terjadi pada tahun 2025 dan 24% beranggapan setelah tahun 2025.

Hanya sejumlah kecil, 12%, yang berpikir bahwa ETF Bitcoin mungkin tidak akan pernah mendapatkan persetujuan. Survei ini melibatkan berbagai peserta dari industri, termasuk penasihat investasi yang terdaftar, perencana keuangan, investor institusional, dan agen dari wirehouse.

Meskipun terdapat kepesimisan, 88% dari penasihat yang tertarik pada Bitcoin menyatakan bahwa mereka akan menunggu hingga ETF Bitcoin mendapatkan persetujuan di AS sebelum melakukan pembelian.

Baca Juga: Survei: 60% Investor Percaya Bahwa ETH Memiliki Potensi Pertumbuhan yang Lebih Baik Daripada BTC

Antara Harapan dan Kenyataan

Sebuah analisis oleh Bloomberg Intelligence menyatakan probabilitas persetujuan mencapai 90%, yang didorong oleh kemenangan Grayscale dalam kasus hukum melawan SEC pada Agustus yang lalu. Namun, keyakinan ini tampaknya tidak sepenuhnya dibagikan oleh penasihat keuangan, yang menunjukkan adanya perbedaan antara ekspektasi dan kenyataan.

Berdasarkan survei yang dilakukan antara 20 Oktober dan 18 Desember, 98% dari penasihat yang telah menanamkan investasi dalam crypto pada portofolio klien mereka berencana untuk mempertahankan atau meningkatkan alokasi mereka. Namun, 88% dari mereka yang tertarik untuk membeli Bitcoin masih menantikan persetujuan ETF Bitcoin oleh SEC.

Baca Juga: Survei: 58% Manajer Investasi Tiongkok Tertarik untuk Investasi ETF Crypto di Tengah Crypto Winter!

Pandangan Pasar dan Regulasi

Para penasihat keuangan mengakui bahwa persetujuan ETF Bitcoin akan mempermudah mereka dalam mengalokasikan dana ke dalam sektor ini. Separuh dari responden survei menyatakan bahwa regulasi yang lebih jelas akan mengurangi kekhawatiran mereka, sementara 14% menyebutkan bahwa peluncuran ETF Bitcoin akan meningkatkan kenyamanan mereka dalam berinvestasi.

Studi dari Galaxy Digital memperkirakan bahwa ETF Bitcoin dapat mengalami aliran dana masuk sebesar $14,4 miliar di tahun pertama perdagangannya, yang dapat meningkatkan nilai aset hingga 74% dalam periode tersebut.

Dengan total aset yang dikelola oleh penasihat investasi terdaftar, broker-dealer, dan bank mencapai sekitar $48 triliun, potensi pasar untuk ETF Bitcoin tampak sangat besar.

Kesimpulan

Meskipun terdapat ketidakpastian, minat yang tinggi dari para penasihat keuangan terhadap ETF Bitcoin menandakan adanya kebutuhan pasar yang belum terpenuhi. Keputusan mendatang dari SEC dapat menjadi momen krusial bagi pasar crypto dan investasi dalam Bitcoin.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi