Keputusan Suku Bunga The Fed di Maret 2024 Bisa Jadi Sinyal Kebangkitan Harga Bitcoin?

author:

Keputusan Suku Bunga The Fed di Maret 2024 Bisa Jadi Sinyal Kebangkitan Harga Bitcoin?

Dengan Bitcoin yang baru saja mengalami kenaikan signifikan, didukung oleh kekuatan pasar ekuitas AS, mata dunia kini tertuju pada keputusan suku bunga pertama Federal Reserve untuk tahun 2024.

Dengan halving Bitcoin yang akan datang pada April 2024, spekulasi mengenai potensi pemotongan suku bunga pada Maret 2024 mendatang menimbulkan pertanyaan besar: apakah ini akan menjadi katalis untuk rally harga Bitcoin berikutnya?

Keputusan Suku Bunga Federal Reserve

Minggu ini menjadi momen krusial karena Federal Reserve bersiap untuk mengungkapkan keputusan suku bunga pertamanya untuk tahun 2024.

Baca juga: Bitcoin Melonjak ke $41K, Akankah Bull Run Crypto Segera Terjadi?

Walaupun indikator dari Chicago Mercantile Exchange (CME) menunjukkan ekspektasi kuat terhadap suku bunga yang tidak berubah, antisipasi untuk keputusan berikutnya pada Maret menunjukkan pergeseran sentimen, dengan probabilitas signifikan yang menyarankan pemotongan suku bunga sebesar 25 basis poin.

Dampak Pemotongan Suku Bunga terhadap Bitcoin

Pemotongan suku bunga sebelum halving Bitcoin juga dapat memberikan dorongan signifikan bagi harga BTC. Dengan Bitcoin yang saat ini diperdagangkan di $42.185 dan kapitalisasi pasar sebesar $827 miliar, potensi pergerakan selanjutnya menuju $43.000 menjadi semakin nyata.

Keputusan Maret akan sangat krusial, mengingat halving Bitcoin yang akan terjadi pada bulan April 2024.

Bersamaan dengan pengumuman Federal Reserve, Amerika Serikat juga akan merilis data ekonomi penting, termasuk tingkat pengangguran Januari. Tingkat pengangguran berfungsi sebagai metrik kunci, memberikan wawasan tentang kesehatan pasar tenaga kerja dan mempengaruhi persepsi ekonomi yang lebih luas.

Seiring berjalannya minggu, peserta pasar akan dengan cermat mengamati peristiwa ini untuk sinyal tentang arah kebijakan moneter dan kondisi ekonomi di Amerika Serikat.

Baca juga: Harga Bitcoin Berfluktuasi Jelang Keputusan The Fed, Ini 3 Hal yang Perlu Diperhatikan!

Harga Bitcoin akan Menguat di Bulan Februari 2024?

prediksi harga bitcoin 2024
Generated by AI

Peluncuran ETF Bitcoin di AS pada awal bulan ini terbukti menjadi tonggak bersejarah bagi komunitas crypto. Namun, harga BTC berada di bawah tekanan jual yang mencapai titik terendah $38.000 pada bulan Januari ini.

Namun, harga Bitcoin dapat mengalami pemulihan di bulan Februari mendatang. Data historis menunjukkan tren yang konsisten untuk Bitcoin di bulan Februari, menunjukkan profitabilitas rata-rata 14,5% dan tidak adanya pengembalian negatif sejak tahun 2020.

Berdasarkan statistik CryptoRank yang mencakup rentang waktu dari Februari 2011 hingga 2023, Bitcoin telah menunjukkan profitabilitas rata-rata sebesar 14,5%, dengan nilai median yang sangat dekat di 12,2%.

Dengan potensi pemotongan suku bunga dan data ekonomi penting di cakrawala, pasar crypto mungkin berada di ambang perubahan signifikan. Apakah ini akan menjadi momen kunci untuk Bitcoin atau hanya harapan kosong, hanya waktu yang akan memberitahu.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: