Keputusan Besar SEC Terkait Bitcoin ETF Grayscale: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Keputusan Besar SEC Terkait Bitcoin ETF Grayscale: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Keputusan besar baru saja diambil oleh Komisi Sekuritas dan Bursa AS atau Securities and Exchange Commission (SEC) terkait permohonan Grayscale untuk mengubah produk Bitcoin Trust mereka menjadi ETF Bitcoin spot.

Menurut laporan, SEC tidak berencana untuk menantang putusan pengadilan yang mendukung Grayscale. Apa artinya ini bagi investor dan pasar crypto secara umum? Mari kita telusuri lebih lanjut.

Grayscale dan Perjuangan Bitcoin ETF

Grayscale, raksasa crypto, telah berjuang keras untuk mengubah produk Bitcoin Trust mereka menjadi ETF Bitcoin spot. Upaya ini ditolak oleh SEC, yang memicu Grayscale untuk mengajukan gugatan.

Setelah setahun berlalu, hakim federal memutuskan bahwa SEC harus mempertimbangkan kembali permohonan Grayscale. Keputusan ini memberikan peluang bagi Grayscale untuk mengubah produk Bitcoin Trust mereka menjadi ETF Bitcoin spot.

Baca Juga: Grayscale Desak SEC untuk Menyetujui Semua ETF Bitcoin Spot Sekaligus

ETF Bitcoin spot ini akan memungkinkan investor untuk mendapatkan eksposur terhadap aset crypto terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar tanpa harus memiliki BTC. Ini adalah langkah besar bagi Grayscale dan pasar crypto secara umum.

SEC dan Keputusan Mereka

sec tunda keputusan bitcoin etf spot
Sumber: Financial Times

Menurut sumber yang akrab dengan masalah ini, SEC tidak berencana untuk menantang putusan pengadilan ini. Ini berarti SEC harus meninjau kembali permohonan Grayscale. Namun, ini tidak berarti bahwa permohonan Grayscale pasti akan disetujui. Jika permohonan ini ditolak, Grayscale dapat mengajukan banding, yang dapat memperpanjang proses ini.

Analisis Bloomberg juga berpendapat bahwa SEC tidak akan menantang keputusan ini. Mereka menekankan bahwa ini tidak berarti permohonan Grayscale pasti akan disetujui. Namun, ini adalah langkah maju yang signifikan bagi Grayscale dan pasar crypto secara umum.

Implikasi untuk Pasar Crypto

Keputusan SEC ini memiliki implikasi besar bagi pasar crypto. Jika permohonan Grayscale disetujui, ini akan menjadi langkah besar bagi pasar crypto dan dapat membuka pintu bagi ETF Bitcoin spot lainnya. Namun, jika permohonan ini ditolak, ini bisa menjadi pukulan besar bagi Grayscale dan pasar crypto secara umum.

Saat ini, ada sekitar tujuh permohonan ETF Bitcoin spot yang menunggu keputusan dari SEC. Keputusan ini akan memiliki dampak besar pada pasar crypto dan dapat membentuk masa depan ETF Bitcoin spot.

Paragraf Penutup

Keputusan SEC ini adalah berita besar bagi pasar crypto. Ini menunjukkan bahwa regulator sedang mempertimbangkan serius ETF Bitcoin spot dan dapat membuka pintu bagi lebih banyak produk seperti ini di masa depan. Bagaimanapun, kita harus menunggu dan melihat bagaimana situasi ini berkembang.

Baca Juga:

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi