Keputusan Pengadilan Gugurkan Penolakan SEC terhadap Grayscale: Apa yang Terjadi?

Keputusan Pengadilan Gugurkan Penolakan SEC terhadap Grayscale: Apa yang Terjadi?

Pada tanggal 29 Agustus 2023, Pengadilan Banding DC membatalkan keputusan SEC yang menolak produk Grayscale ETP.

Keputusan ini mengejutkan banyak pihak dan membuka peluang baru dalam industri crypto. Artikel ini akan membahas 3 aspek penting dari keputusan ini yang perlu kamu ketahui.

Alasan Pengadilan Menggugurkan Keputusan SEC

Pengadilan Banding DC memutuskan bahwa SEC telah bertindak “sembrono dan sewenang-wenang” dalam menolak produk Grayscale ETP.

Baca Juga: Memperluas Pasar, Grayscale Ajukan 3 ETF Berbasis Crypto Baru

Ini terjadi meskipun SEC sebelumnya telah menyetujui produk ETP berbasis Bitcoin futures dari Teucrium dan Valkyrie, yang memiliki karakteristik serupa dengan produk Grayscale.

Implikasi Keputusan Ini bagi Industri Crypto

grayscale sec

Keputusan ini bisa menjadi preseden penting dalam industri crypto, terutama dalam hal regulasi.

Jika SEC tidak mengajukan banding, mereka harus meninjau kembali aplikasi Grayscale. Meskipun ini tidak menjamin persetujuan, ini membuka peluang bagi produk serupa untuk mendapatkan persetujuan di masa depan.

Apa Langkah Selanjutnya?

Kedua pihak, Grayscale dan SEC, memiliki 45 hari untuk mengajukan banding. Mengingat keputusan ini menguntungkan Grayscale, kemungkinan besar mereka tidak akan mengajukan banding.

Namun, SEC masih belum memberikan komentar dan bisa saja mengajukan banding ke Mahkamah Agung AS atau panel en banc.

Jadi, apakah kamu berpikir keputusan ini akan membawa perubahan signifikan dalam industri crypto?

Baca Juga: Grayscale Desak SEC untuk Menyetujui Semua ETF Bitcoin Spot Sekaligus

Keputusan ini tentu akan mempengaruhi dinamika regulasi crypto dan bisa menjadi titik balik dalam sejarah regulasi crypto. Tetap update dengan berita terbaru untuk mengetahui perkembangan selanjutnya.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: