Grayscale Diberi Peluang Oleh Pengadilan AS untuk ETF Bitcoin Spot: Apakah Kamu Siap?

Grayscale Diberi Peluang Oleh Pengadilan AS untuk ETF Bitcoin Spot: Apakah Kamu Siap?

Pengadilan Banding Amerika Serikat untuk Sirkuit DC telah memerintahkan Securities and Exchange Commission (SEC) untuk meninjau kembali aplikasi ETF Bitcoin Spot dari Grayscale. Keputusan ini berpotensi mengubah arah penolakan sebelumnya oleh SEC.

SEC Diperintahkan untuk Meninjau Kembali Keputusannya

Keputusan pengadilan ini berasal dari putusan sebelumnya yang menekankan kemiripan antara aplikasi Grayscale dan ETF Bitcoin futures yang sudah disetujui. Pengadilan mencatat bahwa produk Grayscale layak mendapatkan persetujuan karena kapasitasnya yang mirip dalam mengidentifikasi pelanggaran pasar crypto.

Baca Juga: Grayscale Desak SEC untuk Menyetujui Semua ETF Bitcoin Spot Sekaligus

Keputusan akhir ini secara efektif membatalkan penolakan aplikasi ETF Bitcoin Spot Grayscale. Keputusan ini memperkuat putusan awal pengadilan, yang menyebut keputusan SEC sebagai “sembrono dan semena-mena”.

Keputusan ini sudah diantisipasi mengingat keengganan SEC untuk menentang putusan Agustus. Perkembangan ini juga mendorong Grayscale untuk mengajukan pengajuan yang direvisi, dengan harapan dapat mengubah dana unggulan GBTC-nya menjadi ETF yang sepenuhnya.

Pengadilan Mendukung Grayscale

kemenangan grayscale atas sec etf bitcoin
Sumber: Watcher Guru

Mandat pengadilan ini memperkuat posisi Grayscale bahwa ETF Bitcoin yang diusulkannya mencerminkan karakteristik Bitcoin ETF futures yang sudah disetujui. Ini berarti tidak seharusnya menghadapi hambatan tambahan. Grayscale mengajukan aplikasi pengajuan ulang melalui pengajuan S-3 yang dipercepat.

Langkah ini berbeda dari proses S-1 standar untuk penawaran saham baru. Grayscale juga berencana untuk mencantumkan sahamnya di NYSE Arca. Namun, ini tergantung pada persetujuan dari SEC atas pengajuan saat ini, yang mencakup pengajuan terpisah yang diperlukan untuk NYSE Arca.

Sekarang bola berada di tangan SEC dan apakah agensi bisa memilih untuk menyetujui aplikasi Grayscale atau menemukan alasan lain untuk menolak aplikasi lagi. Agensi ini terkenal dengan pemeriksaan aplikasinya, oleh karena itu ketidakpastian seputar langkah-langkah berikutnya dari agensi.

Juru bicara Grayscale, Jennifer Rosenthal, menyatakan, “Tim Grayscale berharap dapat terus bekerja secara konstruktif dengan SEC untuk mengubah GBTC menjadi ETF. GBTC siap operasional, dan kami berniat untuk bergerak secepat mungkin atas nama investor kami.”

Beberapa Perusahaan Mencari Persetujuan Bitcoin ETF

Grayscale bukan satu-satunya perusahaan keuangan besar yang mengejar persetujuan ETF. Beberapa raksasa industri lainnya, seperti Fidelity dan BlackRock, juga telah mengajukan aplikasi bitcoin spot dan berharap mendapatkan persetujuan dari SEC. Ketua SEC, Gary Gensler, telah mengakui menerima beberapa pengajuan dari beberapa perusahaan.

Namun, dia belum berbicara tentang aplikasi Grayscale atau kemajuannya. Namun, dia menekankan proses tinjauan yang ketat yang dilakukan aplikasi tersebut, membandingkannya dengan peninjauan penawaran publik. Dia juga menekankan komitmen SEC terhadap evaluasi yang menyeluruh.

Paragraf Penutup

Daftar yang semakin panjang dari aplikasi ETF Bitcoin Spot menunjukkan nafsu makan yang semakin besar untuk produk keuangan semacam itu. Namun, ini juga berarti SEC harus menjaga keseimbangan yang halus. SEC harus menavigasi lanskap yang kompleks dari aplikasi ETF sambil memastikan ada keseimbangan antara inovasi pasar dan perlindungan konsumen.

Baca Juga: Geram! Industri Crypto Menentang Rencana SEC untuk Mengatur DeFi seperti Bursa Sentralisasi

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi