Bitcoin Menanti Keputusan ETF, Akan Melonjak dalam Waktu Dekat?

Bitcoin Menanti Keputusan ETF, Akan Melonjak dalam Waktu Dekat?

Memasuki tahun 2024, Bitcoin (BTC) mengalami kenaikan signifikan sebesar 160% dibandingkan tahun sebelumnya dan berhasil mencapai $45.000 yang setara dengan Rp700 juta per hari ini 2 Januari 2024. Namun, yang paling dinanti adalah keputusan penting yang akan mempengaruhi pasar crypto secara keseluruhan: persetujuan ETF harga spot pertama di Amerika Serikat. Simak berita lengkapnya berikut ini!

ETF Bitcoin: Pengaruh Besar bagi Pasar Crypto

etf bitcoin halving
Sumber: Akun X James Van Straten

Keputusan ETF Bitcoin di Amerika Serikat menjadi sorotan utama yang dapat mengubah arah pasar crypto. Beberapa analis percaya bahwa persetujuan ETF akan membuka pintu bagi masuknya modal investasi institusional ke dalam Bitcoin. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa efek jangka pendek dari persetujuan ETF bisa jadi penurunan harga Bitcoin karena reaksi pasar yang cenderung menjual berita tersebut.

Ketegangan menjelang keputusan ETF meningkat, dan banyak yang mulai melupakan kemungkinan penolakan. Jika ETF disetujui, apakah Bitcoin akan mengalami lonjakan harga? Atau apakah kita akan menyaksikan penurunan tajam sebagai respons pasar? Ini adalah pertanyaan yang menantang jawaban di minggu-minggu mendatang.

Baca Juga: Harga Bitcoin (BTC) Bersiap Melonjak? 3 Indikator Ini Beri Sinyal Kuat!

Halving Bitcoin dan Fundamental Jaringan

halving btc matthew hyland
Sumber: Akun X Matthew Hyland

Tidak hanya ETF, Bitcoin juga akan menghadapi halving pada bulan April, di mana hadiah blok akan berkurang setengahnya. Hal ini tentu menjadi perhatian para penambang yang telah mempersiapkan diri untuk perubahan mendadak ini.

Sementara itu, fundamental jaringan Bitcoin terus menunjukkan peningkatan, dengan kesulitan penambangan yang diperkirakan akan naik sekitar 1,5% mencapai rekor tertinggi baru.

Miner telah mulai mengambil keuntungan menjelang penutupan tahun, dengan saldo di dompet miner menurun sekitar 12.000 BTC sejak pertengahan Oktober. Ini menunjukkan bahwa mereka juga bersiap untuk perubahan yang akan datang dengan halving.

Baca Juga: Harga Bitcoin (BTC) Sentuh Rp700 Juta Hari Ini! Apa Faktor Utamanya?

Sentimen Pasar: Antara Ketakutan dan Keserakahan

stock money lizards
Sumber: Cointelegraph

Indeks Fear & Greed, yang mengukur sentimen pasar crypto, saat ini menunjukkan “keserakahan” di angka 65/100. Ini menandakan bahwa investor rata-rata cenderung optimis pada harga Bitcoin saat ini. Namun, sentimen pasar sangat sensitif terhadap pergerakan harga Bitcoin dan bisa berubah dengan cepat.

Meskipun demikian, sentimen pasar yang ekstrem seringkali menjadi sinyal bahwa tren pasar mungkin tidak akan berlanjut lama. Dengan semua faktor ini, investor crypto harus tetap waspada dan mempersiapkan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi di pasar.

Dengan berbagai peristiwa penting yang akan terjadi, termasuk keputusan ETF dan halving Bitcoin, tahun 2024 diprediksi akan menjadi tahun yang penuh gejolak bagi Bitcoin dan pasar crypto secara keseluruhan. Apakah kamu sudah siap menghadapi dinamika pasar yang akan datang?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: